Kesaksian Warga soal Benda Putih Misterius di Langit Bandung

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 09:15 WIB
Warga Bandung, Irman yang penasaran dengan benda misterius di langit Bandung sengaja mengunggah video tersebut ke media sosial. Sejumlah warga Bandung melihat benda misterius bergerak di langit, Kamis (29/7). Ilustrasi (Pixabay/giografiche)
Bandung, CNN Indonesia --

Sejumlah warga Kota Bandung, Jawa Barat, digegerkan dengan penampakan benda misterius di langit, Kamis (29/7). Benda tersebut terekam melalui video amatir milik seorang penjaga keamanan di kawasan Cicendo dan viral di media sosial.

Rekaman tersebut memperlihatkan objek benda misterius berwarna putih bergerak di langit. Video itu diunggah akun Instagram, @bandungtalk.

Irman, seorang penjaga keamanan proyek bangunan menceritakan benda misterius itu pertama kali terlihat oleh pekerja bangunan yang tengah memasang steger atau penyangga konstruksi bangunan.


Kuli tersebut kemudian memberitahu Irman dan pegawai lainnya terkait pemandangan yang dilihatnya.

"Pekerja itu memberitahu saya ada yang aneh di langit. Pas saya lihat kok banyak benda kecil. Kalau drone tidak mungkin, burung juga tidak seperti itu bergerombol terus jauh sampai kelihatan jauh, warnanya putih," ujar Irman.

Irman menyebut benda misterius di langit tersebut tampak berkerlap-kerlip. Namun, bentuknya tak beraturan. Ada yang bentuknya bulat dan ada yang lonjong tak beraturan.

"Yang saya lihat bendanya itu sempat berhenti dulu terus jalan lagi. Makanya saya aneh," katanya.

Karena penasaran, Irman lantas berinisiatif mengunggah video penampakan benda di langit tersebut di media sosial. Ia ingin mengetahui kebenaran di balik fenomena tersebut.

"Saya juga menyuruh ke pegawai lain untuk merekam. Kalau dari ponsel terbatas, kalau kamera yang bagus mungkin jelas," ujarnya.

Respons BMKG dan LAPAN

Sementara itu, Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu memastikan benda asing di langit yang disaksikan petugas keamanan itu bukan merupakan fenomena meteorologis. Hal itu didasarkan atas hasil pengamatan yang dilakukan BMKG.

"Dapat disimpulkan bahwa fenomena yang terlihat oleh masyarakat tadi pagi di langit dari wilayah Pasirkaliki Kota Bandung, bukan merupakan fenomena meteorologis," kata Rahayu.

Rahayu menjelaskan berdasarkan pengamatan BMKG, langit di Bandung dalam kondisi cerah dengan kecepatan angin berada di kisaran 6 kilometer per jam. Tidak terpantau pula adanya awan hujan.

"Terpantau awan Cirrus (tinggi) dan tidak terpantau adanya awan hujan (Cb)" ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin menyatakan benda misterius di langit Bandung tersebut bukan benda antariksa. Ia menduga objek tersebut merupakan kumpulan balon yang diterbangkan.

"Konfigurasinya berubah. Bukan objek antariksa. Kemungkinan hanya kumpulan balon yang diterbangkan," ujar Thomas.

(fra/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK