Alarm Lonjakan Kasus Kematian Covid-19 di Luar Jawa-Bali

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 14:51 WIB
Satgas Covid-19 mencatat Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan jadi penyumbang tertinggi kematian mingguan. Satgas Covid-19 meminta pemerintah daerah di luar Jawa dan Bali mewaspadai lonjakan kasus kematian Covid-19. Ilustrasi (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan lonjakan kasus kematian Covid-19 di sejumlah daerah luar Pulau Jawa dan Bali harus menjadi peringatan bagi Pemerintah Daerah (Pemda).

Wiku menyorot lima provinsi di luar Jawa-Bali yang menjadi penyumbang tertinggi kasus kematian pada pekan ini.

"Kita perlu waspada dengan Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan yang turut jadi penyumbang tertinggi kematian mingguan. Hal ini seharusnya menjadi alarm bagi pemerintah daerah, karena sebagian kabupaten/kota tidak menjalankan PPKM Level 4," kata Wiku dalam keterangan pers, Kamis (29/7).


Selain lima Provinsi itu, ia menyampaikan ada lima provinsi lainnya yang turut mencatat kematian tertinggi pada pekan ini, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, DIY dan Bali.

Ia juga mengatakan sepanjang Juli, angka kumulatif kasus kematian bulanan merupakan yang tertinggi selama pandemi Covid-19 menjangkiti Indonesia.

Dengan kondisi tingginya angka kematian itu, ia meminta Pemda untuk selalu memantau kondisi Rumah Sakit di wilayah masing-masing.

"Antisipasi kenaikan kasus Covid-19 dengan memastikan ketersediaan oksigen, obat-obatan, tempat tidur RS, dan tenaga kesehatan yang bertugas. Ini dapat meningaktkan kecepatan dan ketepatan pelayanan sehingga kematian dapat dihindari," ujarnya.

Sementara bagi masyarakat, ia meminta bagi yang mengalami gejala Covid-19 sedang atau berat, berusia di atas 45 tahun, memiliki komorbid, untuk memanfaatkan lokasi isolasi terkendali yang telah disiapkan pemerintah.

"Perawatan di tempat itu diawasi langsung tenaga kesehatan, dan dipantau tanda vital, pola makan, gejala dan obat-obatannya, sehingga bila terjadi perburukan, bisa langsung ditangani," kata Wiku.

Mengutip data harian dari Kementerian Kesehatan, tiga dari lima provinsi yang disorot oleh Wiku merupakan lima besar daerah penyumbang tertinggi kasus kematian harian pada Kamis (29/7). Tiga provinsi itu yakni Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, Kamis (29/7), Lampung menjadi provinsi dengan kasus kematian terbanyak, 92 orang. Disusul, Kalimantan Timur 85 orang, Sumatera Selatan 70 orang, Riau 30 orang, dan Sulawesi Selatan 27 orang.

(yoa/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK