PPKM Level 4, Masjid di Jaksel Tetap Gelar Salat Jumat

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 14:19 WIB
Sebuah masjid di bilangan Lenteng Agung, Jaksel, tetap menggelar Salat Jumat meski wilayahnya menerapkan PPKM Level 4. Masjid di Lenteng Agung gelar Salat Jumat di masa PPKM Level 4. (CNN Indonesia/ Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu masjid di kawasan Lenteng Agung Jakarta Selatan menggelar salat Jumat dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di DKI Jakarta.

Masjid  yang berada dekat posko penyekatan PPKM di Jalan Lenteng Agung Raya itu menggelar salat Jumat dengan dihadiri puluhan jemaah. Salat bahkan digelar tanpa menjaga jarak sesuai protokol kesehatan.

Selama salat, jemaah hampir memenuhi setiap baris. Tak ada jarak antar jemaah, meski beberapa saf terlihat kosong. Pengelola masjid juga tak memberi tanda batas antar jemaah.


Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, tanda-tanda pelaksanaan salat Jumat di masjid tersebut mulai terlihat sejak pukul 10.00 WIB. Pengelola mulai memutar lantunan ayat Alquran menggunakan pengeras suara.

Pengeras suara juga digunakan untuk kumandang azan, khutbah, dan selama pelaksanaan salat. Seturut dengan kumandang azan, para jemaah mulai ramai berdatangan.

Dalam khutbahnya, khatib atau penceramah salat berdoa agar pandemi Covid-19 lekas dihilangkan dari tanah air. Khatib juga mendoakan agar masyarakat yang tengah sakit segera disembuhkan.

Khatib mengatakan, bahwa Allah Swt. akan menjauhkan penyakit dari manusia atau kaum yang meramaikan masjid. Pernyataan itu ia nukil dari salah satu hadis Nabi.

"Sesungguhnya apabila Allah akan menurunkan penyakit dari langit kepada penduduk bumi, maka Allah akan menjauhkan penyakit itu dari orang-orang yang meramaikan masjid," kata dia.

Ditemui usai salat, Ketua Dewan Kemakmuran (DKM) Masjid tersebut, AK, mengatakan bahwa masjidnya telah empat pekan dibuka dan menggelar salat Jumat.

Ia menyebut bahwa pembukaan masjid atas dasar ajaran Islam. "Soalnya kita tiga kali, Jumat aja udah kafir. Udah tiga kali buka. Ini yang keempat," kata dia kepada CNNIndonesia.com.

Ia mengatakan, pembukaan masjid telah diketahui masyarakat dan oleh karenanya tak harus seizin RT dan RW setempat. Ia juga tak mempersoalkan terkait pembatas di setiap saf antar jemaah. Menurutnya, hal itu merupakan hak masing-masing jemaah, mau menjaga jarak atau tidak

"Memang kalau di sini, tergantung jemaahnya aja. Kan dia lebih ngarti, kan. Oh ini harus disekat, sehingga enggak ngelarang, dah," katanya.

Masa PPKM Level 4 yang diperpanjang hingga 2 Agustus, masih melarang pembukaan masjid untuk menggelar salat Jumat. Pembukaan masjid hanya dibolehkan bagi wilayah yang menerapkan PPKM Level 3.

(thr/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK