Gibran Ingin Bagi Oksigen Gratis di Solo Setiap Hari

CNN Indonesia | Minggu, 01/08/2021 02:05 WIB
Kepala Dinas Kesehatan, Siti Wahyuningsih menjelaskan oksigen gratis yang dibagikan mencapai 200 tabung berkapasitas 1 meter kibik. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Solo, CNN Indonesia --

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersama Korem 074/Warastratama Surakarta membagikan oksigen gratis di halaman Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Sabtu (31/7). Oksigen tersebut dibagikan kepada pasien rawat jalan yang kesulitan mendapat pasokan oksigen.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka membatasi pembagian oksigen hanya berlaku bagi warga ber-KTP kota tersebut. Ia meminta kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari.

"Kalau antusiasme warga seperti ini ya kita bikin tiap hari," katanya usai meninjau pembagian oksigen.


Oksigen gratis tersebut diprioritaskan untuk pasien noncovid-19 yang membutuhkan. Terutama mereka yang sedang menjalani perawatan di rumah.

"Teman-teman yang rawat jalan karena kanker paru, asma, jantung itu kan cari oksigennya susah," katanya.

Pembagian oksigen gratis kali ini dilaksanakan dengan bantuan dari distributor Oksigen PT Langgeng Oxygen yang bermarkas di Kartosura, Kabupaten Sukoharjo.

Gibran mengatakan Pemkot bersama Korem 074/Warastratama akan menggalan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membiayai pembagian oksigen gratis tersebut. Pembagian oksigen setiap hari masih akan dikoordinasikan bersama pihak-pihak terkait.

"Anggarannya dari donatur, CSR. Akan kita atur biar bisa setiap hari," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Siti Wahyuningsih menjelaskan oksigen gratis yang dibagikan mencapai 200 tabung berkapasitas 1 meter kibik. Selain oksigen gratis untuk warga, PT Langgeng Oxygen juga akan memberikan oksigen gratis untuk rumah sakit.

"Rumah sakit yang pengen ngisi tabung akan dibantu, free," katanya.

Ning juga mengajak pihak-pihak lain untuk berkontribusi dalam penanganan Covid-19 maupun penyakit lain yang membutuhkan terapi oksigen.

"Mudah-mudahan yang lain segera menyusul agar kita segera lepas dari pandemi. Kalau semua dari pemerintah akan berat sekali," katanya.

(syd/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK