Fadli Zon Koreksi Baliho Puan: Kebinekaan Bukan Kebhinekaan

CNN Indonesia | Senin, 02/08/2021 18:22 WIB
Fadli Zone mengoreksi baliho yang tercantum dalam baliho Ketua DPR Puan Maharani. Menurut Fadli penggunaan kata Kebhinekaan dalam baliho kurang tepat. Fadli Zon. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengoreksi diksi 'kebhinnekaan' yang tercantum dalam baliho Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang kini tersebar di pelbagai daerah di Indonesia.

Dalam baliho bergambar foto Puan yang tersebar di pelbagai daerah di Indonesia itu terdapat kalimat "Kepak Sayap Kebhinnekaan".

"Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang benar itu "kebinekaan" bukan "kebhinnekaan". Tapi kelihatannya semua baliho sudah dipajang. Sekedar koreksi," kata Fadli dalam akun Twitter resminya @fadlizon, Senin (2/8).


KBBI keluaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencantumkan bahwa diksi Kebinekaan lebih tepat ketimbang Kebhinnekaan. Kebinekaan dalam KBBI mengandung arti keberagaman.

Fadli mengajak semua pihak untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terlebih, kata-kata tersebut tercantum dalam bentuk baliho yang berukuran besar yang dipampang di seluruh Indonesia.

Fadli juga menyoroti seharusnya bukan diksi keberagaman perbedaan yang ditonjolkan dalam baliho tersebut. Namun persatuan dalam keberagaman.

"Unity in diversity, "Bhinneka Tunggal Ika" dalam serat "Kakawin Sutasoma" karya Mpu Tantular. Jadi jangan kita kepakkan sayap perbedaan, tapi persatuan," ujar dia.


Politikus PDI-Perjuangan Hendrawan Supratikno mengatakan pemasangan baliho maupun billboard Puan di sejumlah daerah dilakukan oleh anggota DPR Fraksi PDIP sesuai daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Pemasangan baliho maupun billboard Puan itu, kata dia, terkait dengan posisi Puan sebagai ketua DPR bukan ketua DPP PDIP. Ia menyebut narasi yang dibangun dalam pemasangan billboard maupun baliho itu terkait kebersamaan dan persatuan bangsa.

(rzr/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK