Ketum Al Khairaat Habib Saggaf Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 18:56 WIB
Ketum Al Khairaat Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri merupakan ulama tersohor di Sulteng. Ia merupakan cucu Pendiri Al Khairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri. Ketua Utama Al Khairaat, Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri meninggal dunia di Rumah Sakit Al Khairat, sekitar pukul 15.50 WIB, Selasa (3/8). Ilustrasi (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Al Khairaat, Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri meninggal dunia di Rumah Sakit Al Khairat, sekitar pukul 15.50 WIB, Selasa (3/8).

Kabar duka tersebut konfirmasi oleh Staf Khusus Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ishfah Abidal Aziz.

"Iya betul, meninggal dunia," kata Ishfah kepada CNNIndonesia.com Selasa (3/8).


Ishfah sendiri belum mengetahui lebih lanjut penyebab Habib Saggaf meninggal dunia.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga mengkonfirmasi meninggalnya Habib Saggaf lewat akun Twitter resminya, @YaqutCQoumas.

"Innalillahi wa Inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Al Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri, Ketua Umum Al Khairaat," kata Yaqut.

Yaqut mendoakan agar Habib Saggaf husnul khatimah dan diterima amal baiknya oleh Allah SWT. Ia juga mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan ikhlas.



Habib Saggaf merupakan ulama tersohor di kawasan Indonesia Timur, khususnya di Sulawesi Tengah. Ia merupakan cucu dari Pendiri Al Khairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri.

Al Khairaat sendiri merupakan salah satu organisasi komunitas muslim terbesar di Indonesia Timur.

Habib Saggaf lahir 17 Agustus 1937 di Pekalongan, Jawa Tengah. Ia pun sempat mengajak umat Islam di Indonesia untuk tak mengikuti kelompok yang kerap mengkafirkan orang lain.

Ajakan itu dia sampaikan saat acara Haul Pendiri Al Khairaat ke-53 almarhum Habib Sayyid Idrus bin Salim Aldjufri pada tanggal 23 Mei 2021 lalu.

"Persatu dan kesatuan kita pegang utuh dan jangan ikut-ikutan aliran yang selalu mengkafirkan seolah-olah hanya mereka yang benar," ujarnya dikutip dari Antara.

(rzr/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK