Anies Putuskan Setop Pendanaan Formula E di 2020

CNN Indonesia | Kamis, 05/08/2021 17:28 WIB
Pemprov DKI melalui PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku penyelenggara Formula E pun telah melakukan renegosiasi dengan pihak Formula E operations (FEO). Ilustrasi Formula E. (KENZO TRIBOUILLARD / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyetop penganggaran dan pembayaran kewajiban tahap 2 untuk gelaran Formula E. Penyetopan itu seiring penundaan penyelenggaraan balap mobil listrik tersebut di beberapa kota penyelenggara akibat pandemi Covid-19.

Informasi soal penyetopan ini tertuang dalam dokumen Jawaban Gubernur Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD DKI terhadap Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2020 dan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2020 yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria dalam rapat paripurna, Senin (2/8).

"Sehubungan dengan ditundanya penyelenggaraan musim ke-6 Formula E karena pandemi Covid-19 pada beberapa kota penyelenggara termasuk Jakarta, maka telah dilakukan penghentian segera atas penganggaran dan pembayaran kewajiban tahap 2 tahun 2020," kata Riza.


Riza mengatakan, Pemprov DKI melalui PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku penyelenggara Formula E pun telah melakukan renegosiasi dengan pihak Formula E operations (FEO) mengenai penegasan dan kejelasan status keberlanjutan kerja sama, waktu pelaksanaan, serta status pendanaan yang telah dibayarkan.

Dari negosiasi, didapatkan hasil atas dana commitment fee yang telah direalisasikan, tetap dapat digunakan sebagai syarat penyelenggaraan event Formula E yang tertunda karena pandemi dan selanjutnya disepakati akan dituangkan dalam adendum perjanjian.

"Pembayaran commitment fee untuk penyelenggaraan tahun 2022 dan seterusnya akan dilakukan penjadwalan kembali setelah ada kepastian penyelenggara Formula E dengan mempertimbangkan telah berakhirnya pandemi Covid," katanya.

Riza juga menyampaikan saat ini JakPro juga sedang melakukan kajian tentang studi kelayakan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan pada pelaksanaan event Formula E dengan adanya pandemi Covid-19.

"Selain itu, Pemprov DKI mendorong JakPro dapat menjalin kerja sama dengan pihak lain dengan prinsip saling menguntungkan agar dapat mencari sumber pendanaan alternatif dan akan dilakukan perumusan opsi untuk memperoleh pembiayaan mandiri serta rencana pengelolaan pendapatan dari penyelenggaraan Formula E," kata Riza.

Diketahui, balapan Formula ditunda ke tahun 2022 karena pandemi virus corona belum mereda di Jakarta.

Penundaan ajang Formula E ini jadi yang kedua kali terjadi. Semula Formula E di Jakarta akan berlangsung pada 6 Juni 2020 tetapi kemudian diputuskan untuk ditunda ke 2021.

(yoa/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK