Remaja Buka Tutup Penyekatan, Tarik Rp25 Ribu per Pengendara

CNN Indonesia | Kamis, 05/08/2021 23:55 WIB
Sekelompok remaja terekam melakukan aksi buka tutup di titik penyekatan di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat. Ilustrasi penyekatan. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekelompok remaja terekam melakukan aksi buka tutup di titik penyekatan di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, sambil memungut bayaran dari pengendara yang melintas.

Padahal, penyekatan ruas jalan itu dilakukan pihak kepolisian dalam rangka pembatasan mobilitas di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Dalam aksinya itu, para remaja memungut sejumlah uang dari pengendara yang akan melintas di titik penyekatan. Mereka bakal membuka penyekatan setelah menerima uang dari pengendara.


"Sekali buka bayar Rp25 ribu," kata Kapolsek Kemayoran Komisaris Ewo Samono saat dikonfirmasi, Kamis (5/8).

Disampaikan Ewo, para remaja itu melakukan aksinya saat tidak ada anggota polisi yang berjaga di lokasi.

"Ketika malam hari saat petugas lengah, dimanfaatkan anak-anak di bawah umur untuk memberikan jalan kepada warga yang melintas dengan imbalan," tuturnya.

Ewo mengungkapkan sudah ada satu remaja berinisial WH (13) yang diamankan oleh pihak kepolisian. Saat ini, WH masih menjalani pemeriksaan dan penyidik terus melakukan pengembangan untuk menemukan pelaku lainnya.

Lebih lanjut, Ewo menuturkan pihaknya akan menempatkan personel di titik penyekatan itu untuk mencegah aksi serupa kembali terulang.

Rekaman video yang memperlihatkan aksi buka tutup penyekatan oleh sekelompok remaja itu turut beredar di media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram @jakarta.terkini.

"Sejumlah anak menjaga penyekatan di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat malam tadi, Rabu, 4/8/2021," demikian keterangan dalam unggahan itu.

[Gambas:Instagram]

(dis/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK