Bupati Sleman Ingin Kartu Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Wisata

CNN Indonesia | Kamis, 05/08/2021 18:51 WIB
Selain destinasi wisata, Bupati Sleman Kustini ingin kartu vaksin Covid-19 juga menjadi syarat menginap di hotel hingga pergi makan ke resto atau kafe. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengusulkan penggunaan kartu vaksinasi Covid-19 sebagai syarat perjalanan wisata di wilayahnya. Ilustrasi (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Yogyakarta, CNN Indonesia --

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengusulkan penggunaan kartu vaksinasi Covid-19 sebagai syarat perjalanan wisata di wilayahnya. Kustini ingin industri pariwisata tetap bertahan di tengah gempuran pandemi.

"Sebelum masuk ke tempat wisata, pengunjung memberitahukan kepada petugas di tempat wisata bahwa mereka membawa kartu vaksin," ujar Kustini," kata Kustini dalam keterangannya, Kamis (5/8).

Selain destinasi wisata, Kustini juga ingin kartu vaksin sebagai syarat menginap di hotel hingga pergi makan ke resto atau kafe.


"Yang sudah melaksanakan vaksin, kasih kartu vaksin atau tunjukkan kartu vaksin," ujarnya.

Kustini mengatakan kebijakan ini bisa menjadi solusi agar pariwisata tak hancur dihantam pandemi Covid-19 ini.

"Ini solusi untuk tempat wisata agar tidak kolaps," katanya.

Kustini menilai usulan ini sebagai langkah konkrit untuk membantu mengangkat kembali perekonomian pariwisata dan sektor sejenisnya yang telah lesu selama setahun lebih.

Menurutnya, capaian vaksinasi di Kabupaten Sleman telah mencapai 40 persen dari target 70 persen yang ditetapkan pemerintah pusat. Pemkab Sleman mengejar cakupan vaksinasi 70 persen untuk seluruh masyarakat pada akhir Desember 2021.

"Setiap pekannya kita targetkan 40 ribu warga divaksin, atau setiap harinya rata-rata 5 ribu orang. Kita optimis bisa mencapai target itu di akhir tahun 2021," ujarnya.

Saat ini sejumlah tempat wisata di daerah Sleman tutup selama pelaksanaan PPKM. Penutupan tempat wisata ini berimbas pada penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sleman yang selama ini banyak disumbang dari pariwisata.

(kum/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK