Amien Rais: Kaum Oligarki Semakin Kuat Mencengkeram Indonesia

CNN Indonesia
Sabtu, 28/08/2021 16:13
Amien Rais Detikcom/Lamhot Aritonang
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais menyebut kaum oligarki semakin kuat mencengkeram Indonesia. Ia berjanji Partai Ummat akan melawan kelompok tersebut.

Namun Amien tak menjelaskan siapa kelompok oligarki yang ia maksud. Ia hanya menyebut kaum itu membuat rakyat didera kemiskinan memilukan dan martabat terinjak-injak.

"Kita tahu yang menangguk keuntungan tanpa ampun, luar biasa, adalah kaum oligarki yang sejatinya sekarang ini makin lama makin kuat mencengkeram Republik Indonesia," kata Amien dalam jumpa pers yang disiarkan kanal Youtube Partai Ummat Official, Sabtu (28/8).


Amien menyampaikan Partai Unmat akan mengikuti jejak para Nabi ulil azmi, seperti Ibrahim AS, Nuh AS, Musa AS, Isa AS, dan Muhammad SAW. Menurutnya, para nabi itu selalu berpihak kepada rakyat tertindas.

Mantan Ketua MPR RI itu berkata Partai Ummat tidak akan membela penguasa yang zalim. Mereka akan membela kaum yang lemah secara kultural maupun struktural.

"Insya Allah Partai Ummat akan berusaha keras mencegah demokrasi kita tidak merosot berubah menjadi oligarki politik dan oligarki ekonomi," tuturnya.

Sebelumnya, Amien Rais mendirikan Partai Ummat usai kecewa dengan Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) yang memenangkan Zulkifli Hasan. Ia memutuskan keluar dan membentuk partai baru.

Amien mendirikan Partai Ummat dan menjabat Ketua Majelis Syura partai tersebut. Sementara itu, jabatan ketua umum diberikan kepada mantu Amien, Ridho Rahmadi.

(dhf/DAL)


KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
TERPOPULER
LAINNYA DARI DETIKNETWORK