UPDATE CORONA 9 SEPTEMBER

Kasus Covid Tambah 5.990 Pasien, Meninggal Dunia 334 Orang

CNN Indonesia | Kamis, 09/09/2021 17:11 WIB
Di tengah pengendalian kasus covid melalui PPKM berdasarkan level, pemerintah diketahui terus menggenjot program vaksinasi. Ilustrasi vaksinasi covid-19. (AP/Lewis Joly)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus positif covid-19 di Indonesia, secara kumulatif per hari ini, Kamis (9/9) menembus angka 4.153.355 kasus. Jumlah itu tercatat seiring penambahan 5.990 kasus baru pada hari ini. Hari ini turut tercatat sebanyak 334 orang meninggal dunia, membuat total angka kematian berada di 138.116 kasus.

Sementara itu jumlah pasien sembuh per hari ini bertambah 10.650 kasus. Membuat total kesembuhan pasien sejak awal pandemi berada di angka 3.887.410 kasus.

Jumlah spesimen yang diperiksa per hari ini di angka 231.278 unit. Sementara itu jumlah kasus aktif masih berada di angka 127.829 kasus, setelah turun sebanyak 4.994 pasien dibanding hari kemarin.


Di tengah pengendalian kasus covid melalui PPKM berdasarkan level, pemerintah diketahui terus menggenjot program vaksinasi.

Teranyar, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota berani menjatuhkan sanksi kepada masyarakat umum yang kedapatan mendapat vaksinasi virus corona (Covid-19) dosis tiga alias booster.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan segala bentuk pengawasan terkait pelaksanaan vaksinasi baik dosis satu dan dua, serta booster kewenangan pemda.

"Ini fungsi pembinaan dan pengawasan vaksinasi booster ada pada provinsi dan kabupaten/kota ya, serta bila menyalahi ketentuan bisa bersama dengan penegak hukum (memberi sanksi)," kata Nadia melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (9/9).

Upaya lainnya, pemerintah kembali mengingatkan bahwa disiplin memakai masker dan mengikuti program vaksinasi Covid-19 merupakan bagian dari upaya hidup sehat dan proteksi diri di tengah pandemi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro menyatakan, ada 3 hal yang bisa jadi pelajaran dari wilayah level 2 yang masih konsisten menjaga pengendalian pandemi.

Hal pertama, adalah mengenakan masker dan menggiatkan protokol kesehatan (prokes). Selain mencegah paparan droplet, dengan memperhatikan tingkat filtrasi dan efektivitas, masker juga menjadi alat perlindungan dari polusi.

Kedua, vaksinasi. Tak hanya untuk lansia dan penyandang disabilitas, vaksinasi tenaga pendidik sebagai pendukung pembelajaran tatap muka (PTM) yang mulai digelar kembali juga harus dipercepat.

Terakhir, adalah membatasi dan menyeleksi mobilitas menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk masuk ke fasilitas umum. Aplikasi ini disebut berhasil menyeleksi ratusan ribu orang yang seharusnya beristirahat di rumah, dan sebaiknya tidak melakukan aktivitas di ruang publik.

(ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK