Wagub DKI Minta Warga di Bantaran Sungai Siaga Banjir

CNN Indonesia | Jumat, 10/09/2021 08:02 WIB
Memasuki musim hujan tahun ini, Wagub DKI menyatakan akan mengerahkan sumber daya yang ada untuk mencegah potensi banjir di ibu kota. Suasana pemukiman di kawasan bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (9/3/2021). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga yang tinggal di bantaran sungai untuk siaga banjir seiring masuknya musim hujan.

"Itu menjadi perhatian kita, warga yang tinggal di bantaran sungai kan selalu menjadi perhatian. Untuk itu perlu kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat untuk siap siaga," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/9) malam.

Riza menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya telah menggelar rapat dengan jajaran yang membahas soal banjir.


Ia menyebut, pihaknya bakal mengupayakan sumber daya yang ada untuk mengantisipasi kemungkinan banjir di Ibu Kota.

"Kita akan mengupayakan berbagai sumber yang ada semaksimal mungkin, dan yang terpenting adalah kesiapan dari seluruh warga," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya memperingatkan potensi bencana hidrometeorologi menyusul prediksi musim hujan yang akan datang lebih awal dari biasanya pada tahun ini.

Tidak hanya itu, sejumlah wilayah di Indonesia juga diprediksi akan mengalami musim hujan lebih besar dari biasanya.

Di antaranya yaitu, sebagian Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau bagian selatan, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur bagian barat hingga selatan, Sulawesi, Maluku Utara bagian barat, Pulau Seram bagian selatan, dan Papua bagian selatan.

Atas dasar prediksi musim hujan tersebut, BMKG pun mengimbau pemerintah daerah setempat dan masyarakat untuk mewaspadai, mengantisipasi dan melakukan aksi mitigasi lebih awal guna menghindari dan mengurangi risiko bencana.

(yoa/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK