Lahan di Sekitar Rumah Rocky Gerung Diratakan Ekskavator

CNN Indonesia | Selasa, 14/09/2021 12:35 WIB
Sejumlah pekerja membuka lahan di tanah sengketa Sentul City dan warga Bojong Koneng. Sementara dua ekskavator tampak nongkrong di belakang rumah Rocky Gerung. Sejumlah pekerja membuka lahan di tanah sengketa Sentul City dan warga Bojong Koneng. Sementara dua ekskavator tampak nongkrong di belakang rumah Rocky Gerung. Foto: CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pekerja yang diduga dikerahkan oleh Subkontraktor PT Sentul City Tbk mulai membuka lahan sekitar kediaman Rocky Gerung di Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Diketahui, status kepemilikan lahan tersebut saat ini masih berada dalam status sengketa antara warga setempat dengan pihak Sentul City.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi pada Selasa (14/9) Siang, ada dua alat berat jenis ekskavator di area belakang rumah Rocky Gerung.


Hanya saja kedua ekskavator tersebut masih belum dioperasikan kembali. Pembukaan lahan saat ini dilakukan secara manual oleh para pekerja dengan memangkas pohon-pohon yang berada di area tersebut.

Ketika ditanyai apakah mereka ditugaskan oleh Sentul City untuk membuka areal lahan tersebut, para pekerja kompak memilih untuk bungkam.

Kendati demikian, salah satu warga setempat yang tinggal tidak jauh dari area tersebut mengatakan, para pekerja memang berasal dari pihak Sentul City.

Pria yang menolak disebutkan namanya tersebut mengatakan, kegiatan pembukaan lahan menggunakan alat berat tersebut sudah terjadi sejak lama.

"Ada kali sudah dua Minggu lebih. Awalnya dari kawasan sebelah kiri dulu baru ke area kanan yang belakang rumahnya Pak Rocky," jelasnya kepada CNNIndonesia.com di lokasi.

Ia menambahkan, biasanya kegiatan pembukaan lahan sudah dilakukan sejak pukul 08.00 WIB pagi. Pengerjaan pun dilakukan setiap hari baik itu dalam kondisi cerah ataupun hujan.

Sejumlah pekerja yang diduga dikerahkan oleh Subkontraktor PT Sentul City Tbk didapati mulai membuka lahan yang berada di Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Penampakan lahan gundul di atas tanah sengketa Sentul City yang sudah diratakan eskavator di Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah

Sejumlah akses jalan yang dulunya digunakan warga pun nampak terputus dan sudah rata oleh tanah. Kawasan kebun dan hutan yang berada di area ini juga terlihat sudah rata dengan tanah.

"Memang untuk area ini, belum digusur sih rumahnya. Tapi ada lahan pekarangan dan kebun yang udah kena sikat," tuturnya.

Rocy Gerung dan sejumlah warga Bojongkoneng sudah disomasi oleh pihak Sentul City untuk segara angkat kaki membongkar rumahnya yang diklaim berdiri di atas lahan garapan mereka.

Sentul City saat ini diketahui tengah berencana memanfaatkan lahan yang terletak di Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor.

Langkah ini juga disebutkan sebagai program lanjutan yang sebelumnya telah terlaksana di beberapa desa seperti Desa Citaringgul dan Desa Babakan Madang.

Guna mensukseskan rencana tersebut, Kuasa Hukum Sentul City Antoni mengatakan pihaknya tengah melakukan penataan dan penguasaan aset-aset yang diklaim telah diambil oleh spekulan.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Corporate Communication PT Sentul City Tbk, David Nugroho untuk mengonfirmasi dan menanyakan lebih lanjut terkait penggusuran tersebut. Namun, sampai berita ini diturunkan, David belum memberikan keterangan.

(tfq/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK