UPDATE CORONA 16 SEPTEMBER

Rangkuman Covid: WNA Boleh Masuk RI, Banda Aceh Zona Merah

CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 19:12 WIB
Pemerintah kembali membuka pintu WNA masuk ke Indonesia di tengah pelonggaran PPKM. Sementara itu, Kota Banda Aceh satu-satunya zona merah Covid-19 di RI. Pemerintah kembali membuka pintu untuk WNA masuk ke Indonesia. Ilustrasi (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi virus corona (Covid-19) masih menjadi ancaman, termasuk di Indonesia. Meski ada tren penurunan kasus Covid-19, namun laju penularan belum benar-benar berhenti.

Kementerian Kesehatan masih melaporkan penambahan harian kasus positif Covid-19, pasien sembuh, hingga kematian. Namun, kasus baru tak setinggi seperti yang terjadi sepanjang Juli 2021.

Pemerintah pun mulai melonggarkan sejumlah pembatasan selama PPKM berbasis level di Jawa dan Bali serta di luar dua pulau tersebut.


Selain itu, pemerintah juga kembali membuka pintu masuk WNA ke Indonesia. Berikut rangkuman informasi seputar Covid-19 yang dibuat CNNIndonesia.com dalam 24 jam terakhir.

Pintu Masuk WNA Dibuka

Pemerintah kembali membuka pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) ke Indonesia. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 34/2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian dan Masa Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Permenkumham Nomor 34 Tahun 2021 membuka kembali akses masuk ke Indonesia bagi orang asing pemegang visa kunjungan dan visa tinggal terbatas yang masih berlaku," kata Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara dalam laman resmi Imigrasi, Kamis (16/9).

Vaksinasi Jakarta Capai 10 Juta

Vaksinasi Covid-19 dosis pertama di DKI Jakarta mencapai 10.143.670 per Rabu (15/9). Dari capaian itu sebesar 37 persen warga divaksin bukan KTP DKI.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya tidak membeda-bedakan pelayanan dalam memberikan vaksin di Jakarta. Dari capaian sekitar 10 juta itu, ia menerangkan belum semua warga ber-KTP Jakarta yang mendapatkan vaksin.

"Sejak awal kami meminta jajaran internal mulai dari Wali Kota, Bupati sampai RT dan RW untuk membantu memastikan warganya segera mendatangi (sentra vaksinasi)," kata Riza pada Rabu.

WHO Catat Mobilitas Rekreasi Jawa-Bali Naik

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti tingginya jumlah mobilitas warga Indonesia khususnya di Jawa-Bali di tengah pandemi virus corona sepekan terakhir ini. Hal itu WHO sampaikan melalui laporan situasi Covid-19 mingguan per 15 September 2021.

"Peningkatan mencolok terkait mobilitas masyarakat di ritel dan tempat rekreasi, terutama di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten, di mana tingkat mobilitas mencapai seperti sebelum pandemi," tulis laporan WHO yang dikutip CNNIndonesia.com, Kamis (16/9).

PeduliLindungi Jadi Syarat Perjalanan Internasional

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pelaku perjalanan internasional harus mengakses PeduliLindungi sebagai syarat masuk ke Indonesia.

Ketentuan itu tertuang dalam Adendum Surat Edaran Nomor 18/2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19.

"SE No.18/2021 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Internasional ini berubah sangat dinamis menyesuaikan perkembangan pandemi. Tujuannya untuk melakukan pemantauan, pengendalian dan evaluasi dalam mencegah penularan Covid-19," kata Wiku melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (16/9).

Kota Banda Aceh Satu-satunya Zona Merah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK