Prabowo ke London, RI Akan Produksi Kapal Perang Canggih

CNN Indonesia | Jumat, 17/09/2021 12:06 WIB
Inggris memberi lisensi kepada Indonesia untuk memproduksi kapal fregat Arrowhead 140. Kapal perang itu nantinya akan dikerjakan oleh 'tangan-tangan' Indonesia. Menhan Prabowo Subianto menjalin kerja sama dengan Inggris mengenai produksi kapal perang jenis fregat (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sepakat menjalin kerja sama dengan Pemerintah Inggris dalam produksi kapal fregat Arrowhead 140. Kesepakatan diresmikan di London pada Kamis malam (16/9).

Penandatanganan kesepakatan dilakukan Prabowo dan Menteri Pertahanan Inggris HoN Ben Wallace.

"Kedua angkatan laut akan segera mengoperasikan fregat yang sama sebuah tipe kapal perang yang dibangun dengan mengutamakan kecepatan dan kemampuan manuver," dikutip dari keterangan tertulis Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia, Jumat (17/9).


Inggris mempersilakan Indonesia memproduksi kapal fregat Arrowhead 140. di dalam negeri. Inggris juga mendukung pemberdayaan tenaga lokal dalam produksi kapal tersebut untuk menjaga kedaulatan Indonesia.

Akan tetapi, Inggris tak membeberkan nilai perjanjian atau jumlah unit yang akan diproduksi. Mereka hanya menyampaikan produksi kapal perang itu akan dilakukan oleh PT PAL Indonesia (Persero).

"Akan dikerjakan oleh 'tangan-tangan' Indonesia dengan desain khusus serta spesifikasi yang memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Indonesia," tutur Kedubes Inggris untuk Indonesia.

Sebelumnya, Menhan Prabowo rajin berkeliling ke sejumlah negara dalam rangka menjalin kerja sama untuk penguatan alutsista untuk TNI. Kegiatan itu semakin gencar dilakukan setelah peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala 402.

Pada bulan Juni, Prabowo memborong delapan unit kapal fregat dari perusahaan Italia, Fincantieri. Belanja itu terdiri dari enam kapal fregat kelas FREMM dan dua kapal fregat kelas Maestrale yang telah dimodernisasi.

Fregat Arrowhead 140 pertama kali dibuat pada Mei 2018 lalu untuk memperkuat angkatan laut Inggris. Termasuk kategori fregat kelas ringan dan bisa dipakai untuk keperluan penyelamatan, pengawasan perairan, pengawalan dan misi kemaritiman lainnya.

Memiliki panjang maksimal 138,7 meter dan lebar 19,8 meter serta berat mencapai 5.700 ton. Fregat Arrowhead 140 bisa membawa hingga 160 orang dan dioperasikan minimal oleh 100 kru.

(dhf/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK