Indonesia Kembali Terima Vaksin AstraZeneca dari Prancis

KPC PEN, CNN Indonesia | Jumat, 17/09/2021 12:30 WIB
Indonesia kembali kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 968.360 dosis dalam bentuk jadi dari pemerintah Perancis melalui fasilitas COVAX. Indonesia kembali kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 968.360 dosis dalam bentuk jadi dari pemerintah Perancis melalui fasilitas COVAX. (Foto: Lukas - Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia kedatangan vaksin tahap ke-64 pada Kamis (16/9) malam. Vaksin dalam bentuk jadi produksi AstraZeneca sebanyak 968.360 dosis ini merupakan dukungan pemerintah Perancis melalui fasilitas COVAX.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kedatangan vaksin AstraZeneca ini merupakan pengiriman ke-2 dari total 3 juta komitmen dukungan vaksin dari Pemerintah Perancis.

Dengan ketibaan vaksin hari ini, Indonesia telah menerima 1.327.060 dosis vaksin dari Perancis.


"Indonesia menyampaikan apresiasi kepada Perancis atas solidaritas dan dukungan untuk Indonesia selama pandemi," ujar Retno berdasarkan keterangan tertulis yang diterima.

Sementara itu, Duta Besar Perancis untuk Indonesia Olivier Chambard membenarkan bahwa pengiriman vaksin AstraZeneca sebanyak 968 ribu dosis melalui mekanisme COVAX ini merupakan lanjutan dari pengiriman pertama, sebanyak 358.000 dosis, yang tiba di Jakarta pada hari jumat 10 September lalu.

Chambard memastikan, pihaknya mendukung fasilitas COVAX dalam memberikan akses vaksin kepada negara-negara yang membutuhkan.

Dengan pengiriman vaksin malam ini pula, menjadi tanda solidaritas dan persahabatan Prancis terhadap Indonesia.

"Bersama, bahu-membahu, kita bisa melawan dan memenangi perjuangan melawan pandemi Covid-19 yang mendunia," ujar Chambard.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK