Joman Dukung Ganjar Capres 2024, Projo Tunggu Komando Jokowi

CNN Indonesia
Jumat, 17 Sep 2021 18:26 WIB
Ketua Umum Projo, Budi Arie tak mempersoalkan ada relawan Jokowi yang mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi menyatakan masih menunggu komando Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dukungan terhadap calon presiden di Pemilu 2024. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi menyatakan masih menunggu komando Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dukungan terhadap calon presiden di Pemilu 2024.

Hal itu Budi sampaikan merespons relawan Jokowi Mania (Joman) yang telah menyatakan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

"Projo tunggu komando Jokowi soal capres. Yang pasti kami akan dukung yang menjadi kehendaknya rakyat," kata Budi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (17/9).


Budi mengklaim Projo memprioritaskan membantu pemerintah dan masyarakat melalui program percepatan vaksinasi nasional. Menurutnya, yang penting saat ini adalah memastikan semua masyarakat divaksinasi.

"Relawan Jokowi tidak pecah. Tapi tetap militan dan solid. Tunggu saja momentum yang tepat," ujarnya.

Wakil menteri desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi itu tak mempersoalkan ada relawan Jokowi yang mendukung Ganjar sebagai capres. Baginya, pilihan itu merupakan aspirasi politik warga negara yang dijamin oleh konstitusi.

"Bagi kami itu hak politik setiap warga negara Indonesia. Silakan saja dan itu sah- sah saja," katanya.

Belum Tentukan Sikap

Terpisah, Ketua Umum DPP Forum Relawan Demokrasi (Foreder) Jokowi, Aidil Fitri mengaku pihaknya secara kelembagaan belum menentukan sikap terkait pilihan calon presiden 2024. Ia menegaskan masih mendukung dan menghormati Jokowi.

"Kita hormati Pak Jokowi lah. Bagaimana pun Foreder ini relawan Jokowi. Belum ada sikap resmi untuk ke mananya belum," kata Aidil kepada CNNIndonesia.com.

Meski demikian, Aidil tak menampik bila banyak anggota Foreder Jokowi di berbagai daerah sudah menyatakan dukugan bagi kandidat tertentu, salah satunya Ganjar.

Ia menegaskan sikap tersebut merupakan sikap politik secara individu dan bukan sikap organisasi secara resmi.

"Secara institusi belum menyatakan dukungan ke mana-mana. Ke Ganjar atau ke yang lain. Kami membebaskan anggota kami. Bebas aja," ujarnya.



Sebelumnya, Ketua Joman, Immanuel Ebenezer telah menyatakan deklarasi dukungan kepada Ganjar usai Jokowi tak berniat maju dalam wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Ia menilai Ganjar menjadi sosok paling cocok diusung di 2024 menggantikan Jokowi. Ganjar dinilai mampu untuk menjaga legacy Jokowi karena terbukti menunjukkan kinerja yang baik sebagai gubernur.

(rzr/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER