Tiga Napi Diperiksa soal Dugaan Bantuan di Penganiayaan Kace

CNN Indonesia
Sabtu, 18 Sep 2021 16:30 WIB
Bareskrim Polri memeriksa tiga narapidana yang diduga menganiaya tersangka kasus penodaan agama Muhammad Kece di dalam Rutan. Gedung Bareskrim Polri, Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga narapidana diperiksa terkait kasus penganiayaan terhadap Youtuber Muhammad Kosman alias Muhammad Kace di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri.

Diketahui, Kace melaporkan Irjen Napoleon Bonaparte atas dugaan penganiayaan. Keduanya merupakan sesama tahanan di Rutan Bareskrim. Napoleon sendiri sudah divonis empat tahun penjara terkait kasus suap Rp5,3 miliar dari terpidana korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra.

"[Terlapor atas nama] Napoleon Bonaparte. Ya tiga saksi [sudah diperiksa]. Semuanya napi," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigjen Andi Rian Djajadi saat dihubungi, Sabtu (18/9).


Andi belum bisa merinci motif penganiayaan oleh Napoleon terhadap Kece itu. Menurut dia, tim penyidik saat ini tengah mendalaminya.

Selain itu, pendalaman juga dilakukan termasuk untuk mencari tahu dugaan bantuan dari pihak lain yang membantu jenderal polisi bintang dua itu.

"Penyidik sedang mendalami apakah dilakukan sendiri atau ada yang membantu," kata dia.

Dugaan penganiayaan tersebut bermula dari pengakuan Kece, menerima penganiayaan dari sesama napi di Rutan Bareskrim. Laporan itu terdaftar dalam LP nomor LP:0510/VIII/2021/Bareskrim, yang dibuat pada 26 Agustus 2021 atas nama Muhamad Kosman.

Diketahui, Kace ditangkap polisi pada 24 Agustus lalu di Banjar Untal-untal, Kuta Utara, Bali, saat tengah bersembunyi dari kejaran polisi.

Ia ditangkap buntut dari video ceramahnya yang menuai kontroversi. Salah satu yang paling disoroti ialah terkait kitab kuning dan Nabi Muhammad SAW.

(thr/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER