UPDATE CORONA 19 SEPTEMBER

Rangkuman Covid: Kasus Aktif Menciut, Blok M Kembali Ramai

CNN Indonesia
Minggu, 19 Sep 2021 18:24 WIB
Kawasan Blok M, tepatnya di M Bloc kembali ramai dikunjungi warga Jakarta seiring penurunan level PPKM dan kasus positif di ibu kota. Kawasan M Bloc di Jakarta Selatan kembali diramaikan pengunjung seiring penurunan kasus positif di ibu kota. (CNN Indonesia/Mochammad Ryan Hidayatullah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gelombang pandemi virus corona (Covid-19) yang terjadi di Indonesia berangsur menurun setelah sempat mengalami lonjakan pada Juli lalu. Meski demikian, hingga saat ini pemerintah masih menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali.

Sejumlah pelonggaran mulai dilakukan pemerintah seperti, mengizinkan bioskop kembali beroperasi, membuka pusat perbelanjaan, hingga membuka kembali tempat wisata.

Pemerintah juga meminta agar pengunjung maupun pegawai di fasilitas umum menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai satu bentuk upaya screening.


CNNIndonesia.com merangkum sejumlah berita terkait penanganan Covid-19 yang terjadi dalam 24 jam terakhir. Berikut rangkuman tersebut.

Kendaraan Wisatawan Anyer Diputar Balik Cegah Kerumunan

Petugas Polres Cilegon, Banten memutar balik kendaraan yang hendak berlibur ke Anyer hingga Cinangka Banten.

Tindakan ini dilakukan untuk mencegah penumpukan orang di wilayah wisata pantai. Sebab, saat ini wilayah tersebut sedang menerapkan PPKM Level 2. Tempat wisata seperti pantai dibatasi maksimal 25 persen.

Dalam pelaksanaannya, polisi membuat titik penyekatan, yakni di pertigaan JLS Ciwandan, Kota Serang dan pertigaan Teneng, Kabupaten Serang, Banten. Kedua titik itu merupakan akses menuju pantai Anyer-Cinangka.

"Ketika kita lakukan pemeriksaan bagi yang berwisata akan kita putar balikkan dengan memberikan pengertian kapasitas (wisata) sudah 25 persen," kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono, di pertigaan JLS Ciwandan, Minggu (19/09).

Operasi ini digelar sejak pukul 10.00 WIB di dua pertigaan itu. Petugas hanya mengizinkan penduduk setempat, karyawan, kendaraan industri, dan medis untuk lewat di jalur yang menuju pantai Anyer.

Masyarakat Diminta Siapkan Diri Hadapi Endemi

Masyarakat diminta mempersiapkan diri menghadapi perubahan pandemi Covid-19 menjadi endemik di kemudian hari.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), Hariadi Wibisono. Menurutnya, pandemi bisa berubah menjadi endemi jika penanganan kasus Covid-19 cukup berhasil menekan laju penularan.

"Namun tidak sampai habis sehingga masih ada kasus yg bersifat konstan dan sporadis," kata Hariadi, Sabtu (18/9).

Hariadi juga mengungkapkan kondisi sebaliknya. Jika endemi tidak terawasi dengan fungsi surveilans yang baik, kasus Covid-19 akan meningkat dalam jumlah yang tidak terpantau.

Jika keadaan ini dibiarkan dan kasus terus meningkat, kata Hariadi, Covid-19 yang sudah menjadi endemi kembali berubah menjadi wabah atau epidemi.

"Dan bila wabah di suatu daerah/negara tidak tertangani dengan baik akan meluas ke negara-negara lain maka menjadi pandemi,"ujar Hariadi.

PPKM Level 3, Kawasan Kota Tua Jakarta Masih Sepi

Kawasan Kota Tua di Jakarta masih sepi dan tutup meskipun pemerintah telah memberlakukan sejumlah pelonggaran seiring penerapan PPKM Level 3.

Pantauan CNNIndonesia.com, museum Fatahillah di kawasan tersebut belum dibuka untuk umum pada Sabtu (18/9) sore. Petugas Satgas Covid-19 juga tampak berjaga di pintu masuk dan menanyakan keperluan setiap pengunjung.

Petugas hanya mengizinkan pengunjung yang hendak ke kafe persis berada di seberang museum dengan syarat pengunjung telah menerima vaksin Covid-19 dua kali.

Jakarta Kembali Bergeliat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER