Tugu Sepatu Raksasa Dicopot di Tiga Titik Jakarta

CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 13:24 WIB
Instalasi atau tugu sepatu di tiga titik DKI Jakarta sebelumnya dipasang untuk menandai rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021. Instalasi atau tugu sepatu di tiga titik DKI Jakarta sebelumnya dipasang untuk menandai rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021. Foto: cnnindonesia/adiibrahim
Jakarta, CNN Indonesia --

Instalasi atau tugu sepatu raksasa yang sempat dipasang di tiga titik wilayah Jakarta pada pekan lalu telah dicopot. Pemasangan Tugu Sepatu Jakarta itu dilakukan untuk menandai rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021.

"Sudah di-take out karena sesuai compass kan sudah bikin rilis ya pelaksanaannya sampe hari Minggu, 19 September," kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disparekraf DKI Jakarta, Helma Dahlia saat dihubungi, Senin (20/9).

Helma mengatakan pencopotan itu tidak berhubungan dengan vandalisme di salah satu tugu yang berada di kawasan Sudirman. Ia menyebut, pencopotan memang sesuai dengan jadwal.


"Enggak ada (hubungan dengan Vandalisme), memang jadwal sampai hari Minggu," katanya.

Pemprov Fasilitasi Pemasangan Instalasi Sepatu Raksasa di Jakarta

Disparekraf DKI Jakarta sebelumnya bersama Jakarta Experience Board (JXB) berkolaborasi dengan pelaku ekonomi kreatif memasang instalasi tugu sepatu raksasa bertajuk Xpresikan Warnamu di sejumlah titik di Jakarta.

Plt Kadisparekraf Gumilar Ekalaya mengatakan adanya instalasi sepatu raksasa tersebut sekaligus menandai dimulainya rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021.

"Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Pemprov DKI dan pelaku ekonomi kreatif terhadap Tahun Internasional Ekonomi Kreatif 2021 yang dicanangkan oleh UNCTAD. Kita menyambutnya dengan turut menggelar instalasi dari para pelaku ekonomi kreatif," kata Gumilar dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9) malam.

"Tujuannya, untuk membangkitkan dan memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif di Jakarta untuk tetap berkreasi di tengah tantangan pandemi," imbuhnya.

Berdasarkan keterangan tertulis tersebut, dijelaskan bahwa instalasi sepatu XPRESI dari Compass akan dipajang di 3 titik pada 17 - 26 September 2021, yakni di Stasiun BNI City Taman Dukuh Atas, Lapangan Banteng, dan Alun-Alun Velodrome.

Pembangunan instalasi ini merupakan inisiasi dari pelaku ekonomi kreatif yang bersifat non-budgeter APBD. Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi dengan menyediakan ruang publik yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Jakarta.

Sementara itu, salah satu tugu raksasa yang dipasang dan dipamerkan di Stasiun BNI City Taman Dukuh Atas, Sudirman, menjadi sasaran vandalisme. Pelaku mencoret-coret tugu bagian sebelah kanan.

(yoa/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK