DKI Pasang Tugu Sepatu Jakarta untuk Ramaikan Festival

CNN Indonesia | Jumat, 17/09/2021 11:49 WIB
Tugu Sepatu Raksasa terpasang di sejumlah titik di Jakarta hingga menjadi perhatian publik hanya akan dipasang sementara yakni sampai 26 September 2021. Ilustrasi sepatu. (Daria/epicantus)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI bersama Jakarta Experience Board (JXB) berkolaborasi dengan pelaku ekonomi kreatif memasang instalasi atau tugu sepatu raksasa di sejumlah titik di Jakarta.

Plt Kadisparekraf Gumilar Ekalaya mengatakan tugu sepatu Jakarta itu untuk menandai rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021.

"Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Pemprov DKI dan pelaku ekonomi kreatif terhadap Tahun Internasional Ekonomi Kreatif 2021 yang dicanangkan oleh UNCTAD. Kita menyambutnya dengan turut menggelar instalasi dari para pelaku ekonomi kreatif," kata Gumilar dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9) malam.


"Tujuannya, untuk membangkitkan dan memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif di Jakarta untuk tetap berkreasi di tengah tantangan pandemi," imbuhnya.

Gumilar berharap kegiatan ini dapat membantu pemulihan ekonomi nasional sekaligus mendukung Jakarta sebagai Kota Kolaborasi melalui kampanye kreatif di ruang publik.

"Dengan sinergitas yang efektif antara pemerintah bersama dengan seluruh stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta, diharapkan para pelaku ekonomi kreatif di Jakarta bisa bangkit dan pulih lebih cepat," katanya.

Berdasarkan keterangan tertulis tersebut, instalasi sepatu akan dipajang di 3 titik yakni di Stasiun BNI City Taman Dukuh Atas, Lapangan Banteng, dan Alun-Alun Velodrome pada 17 - 26 September 2021.

Pembangunan instalasi tugu sepatu Jakarta itu disebut tidak menggunakan APBD dan inisiasi dari pelaku ekonomi kreatif. Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi dengan menyediakan ruang publik yang bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat Jakarta.

Instalasi seni ini dilengkapi dengan QR code yang dapat dipindai, sehingga masyarakat dapat membaca surat terbuka yang ditujukan kepada para pelaku usaha kreatif.

Surat tersebut berisi ajakan kepada seluruh elemen, terutama para pelaku ekonomi kreatif untuk bisa melakukan pendekatan adaptasi, inovasi dan kolaborasi untuk dapat bertahan di masa sulit.

Instalasi tugu sepatu Jakarta yang hadir di Ibu Kota ini juga diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk membuat gerakan-gerakan kolaborasi yang lebih besar. Sehingga, Jakarta sebagai kota metropolitan, layak menjadi sebuah kanvas yang bisa dilukis oleh warga kota untuk berekspresi, berkreasi, dan berinovasi bersama.

(yoa/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK