Jubir Jokowi Respons Ajakan Coldplay soal Komitmen Jaga Bumi

CNN Indonesia
Senin, 20 Sep 2021 20:24 WIB
Presiden Jokowi belum menyatakan sikap resmi terhadap ajakan Coldplay. Namun presiden diklaim punya komitmen kuat dalam urusan perubahan iklim. Presiden Jokowi belum menyatakan sikap resmi terhadap ajakan Coldplay. Namun presiden diklaim punya komitmen kuat dalam urusan perubahan iklim. Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman, menyambut baik ajakan band asal Inggris, Coldplay, terkait komitmen menjaga bumi dalam acara Global Citizen Live yang dihelat Ban Ki Moon Centre.

Fadjroel menyampaikan belum ada sikap resmi Jokowi terhadap ajakan itu. Akan tetapi, ia memastikan Jokowi punya komitmen kuat dalam urusan perubahan iklim.

"Terima kasih banyak Coldplay atas undangannya. Pak Presiden Jokowi telah menargetkan nol emisi karbon pada 2060 dan mendukung Perjanjian Global tentang Metana sebagai Kontribusi yang Ditetapkan secara Nasional (NDC) Indonesia," kata Fadjroel lewat pesan singkat, Senin (20/9).

Fadjroel menyebut Jokowi berkomitmen kuat menuntaskan program Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Komitmen itu sudah diutarakan dalam Sidang Dewan Ekonomi dan Sosial PBB pada 13 Juli.

Mantan aktivis itu menyampaikan komitmen Indonesia terhadap perubahan iklim tak luntur meski masih pandemi Covid-19. Menurutnya, Jokowi selalu menekankan kerja sama seluruh pihak dalam mengatasi perubahan iklim.

"Presiden Jokowi selalu menekankan kolaborasi pentahelix, baik secara nasional maupun global," tuturnya.

Sebelumnya, band asal Inggris Coldplay melayangkan ajakan kepada Presiden Jokowi untuk bergabung di Global Citizen Live. Ajakan itu dikirim via cuitan di Twitter pada Minggu (19/9).

Even global itu akan digelar 24 jam pada 25 September 2021. Global Citizen Live kali ini mengusung tema Rencana Perbaikan untuk Dunia yang berfokus pada pandemi Covid-19.

Acara yang akan dihadiri sejumlah pesohor dunia itu mengusung gagasan untuk mengakhiri krisis kelaparan, memperbaiki pembelajaran, melindungi bumi, dan mengadvokasi kesetaraan untuk semua.

(dhf/gil)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER