Pleno Golkar Pergantian Azis, Eks Danjen Kopassus Calon Kuat

CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 16:13 WIB
Sekjen Partai Golkar Lodewijk Friedrich Paulus diklaim bakal menjadi pengganti Azis Syamsuddin di kursi Wakil Ketua DPR. Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto diklaim menyetujui Sekjen Lodewijk Friedrich Paulus sebagai pengganti Azis Syamsuddin di kursi Wakil Ketua DPR. (kiri) (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal Beringin Lodewijk Friedrich Paulus disebut bakal menjadi pengganti Azis Syamsuddin, yang menjadi tersangka kasus suap, sebagai Wakil Ketua DPR. Penetapannya akan dilakukan malam ini.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Firman Subagyo mengatakan penunjukan Lodewijk, yang merupakan mantan Komandan Jenderal Korps Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD ke-24, itu disepakati dalam rapat terbatas pada Minggu (26/9) malam.

"Kita juga ada rapat terbatas, yang memutuskan, tentang masa pergantian antara Pak Azis karena mengundurkan diri ... Nah pengantar waktu itu akhirnya ditetapkan oleh Ketum, dan semuanya menyepakati itu (penunjukan Lodewijk)," kata dia, di kompleks Parlemen, Senin (27/9).


Namun, lanjutnya, keputusan resminya baru akan dibahas dalam rapat pleno yang akan digelar Senin (27/9) malam ini, di kantor DPP Golkar, Palmerah, Jakarta Barat.

Menurut Firman, sosok Lodewijk saat ini telah memenuhi kriteria yang dibutuhkan partai saat ini. Terutama terkait fokus partai pada sejumlah isu seperti, Pembahasan UU Pemilu dan konsolidasi partai di daerah.

"Dengan adanya Pak Lodewijk itu sudah bisa dianggap mereduksi kemungkinan yang akan terjadi di kemudian hari," kata dia.

Selain menyetujui Lodwijk sebagai pengganti Azis, Firman menyatakan rapat terbatas DPP Golkar itu juga menentukan sejumlah nama kader yang diproyeksikan menduduki posisi Wakil Ketua Umum.

Dua nama yang telah disepakati yakni, kata Firman, adalah dirinya sendiri sebagai Waketum Bidang Sosial dan Adies Kadir sebagai Waketum Bidang Polhukam.

"Tiga itu yang diputuskan, sama keputusan untuk rapat, HUT Golkar Oktober. Insyaallah nanti malam akan ada pleno DPP," kata dia.

Terpisah, Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir menyebut Lodewijk disebut sebagai salah satu pengganti Azis Syamsuddin. Hal itu akan diputuskan dalam rapat pleno.

"Ada Pak Lodewijk, ada Pak Kahar [Muzakir], memang yang paling, menurut saya pas lah, menurut saya. Tapi kan kita belum tahu menurut Ketua Umum. Jadi ya kita tunggu," kata dia, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/9).

"Tinggal nanti malam itu disampaikan di dalam rapat pleno," lanjutnya.

Infografis Airlangga, Nakhoda ke-11 Partai GolkarInfografis AirlanggaFoto: CNN Indonesia/Fajrian), Nakhoda ke-11 Partai Golkar. (

Adies mengatakan penunjukan Wakil Ketua DPR pengganti Azis mengacu pada anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) partai, yakni sosok yang berprestasi, berdedikasi, memiliki loyalitas, dan tidak tercela.

"Itu artinya harus mempunyai integritas dan kapabilitas yang betul-betul dipandang mampu untuk duduk di sana," jelasnya.

Terpisah, Ketua Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengaku fokus dalam pemenangan menjelang Pemilu 2024 ketimbang mengomentari soal Azis.

"Aaah, engak, enggak," ucapnya, menolak dimintai respons soal kasus Azis sambil berjalan menuju pintu lif hotel, di Ambon, Maluku, Minggu (26/9).

"Jadi sekarang kami sering menghadiri rapat-rapat kerja daerah termasuk hari ini di Kota Ambon untuk melaraskan hasil Rapimnas pada Maret lalu yang tak lain adalah membicarakan kemenangan 2024," imbuh dia, yang juga Ketua Komisi II DPR itu.

Azis Syamsuddin resmi mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 imbas penetapannya sebagai tersangka oleh KPK.

Bersama dengan mantan Ketua PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Aliza Gunado, Azis disangkakan memberi suap Rp3 miliar dan US$36 ribu kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

(thr/dmi/sai/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK