Jokowi Sambut Endemi: Kita Hidup Berdampingan dengan Covid-19

CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 16:51 WIB
Presiden Jokowi menyebut pandemi Covid-19 akan segera berubah menjadi endemi. Namun, ia tetap meminta masyrakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat bersiap hidup berdampingan dengan Covid-19. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat bersiap hidup berdampingan dengan Covid-19. Jokowi menyebut pandemi Covid-19 akan segera berubah menjadi endemi.

"Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena Covid-19 tak kan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama," ujar Jokowi dalam unggahannya di akun Instagram @jokowi, Senin (27/9).

Jokowi mengatakan jika sudah satu setengah tahun Indonesia berjibaku menghadapi pandemi Covid-19. Ia menilai kondisi Indonesia sudah beranjak membaik dalam beberapa waktu terakhir.


Mantan Wali Kota Solo itu menyebut kondisi yang membaik tercermin dari keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) yang mulai menurun.

"Rumah-rumah sakit tak lagi disesaki pasien Covid-19, pusat-pusat isolasi mandiri di berbagai kota di tanah air mulai melonggar," ujar Jokowi.

"Status level PPKM di berbagai daerah sudah turun, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, tempat wisata, mulai dibuka, dan sekolah-sekolah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka," katanya menambahkan.

Menurut Jokowi, hal tersebut tak lepas dari penerapan PPKM, vaksinasi massal, serta kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan. Oleh karena itu, ia meminta warga untuk tetap mewaspadai penularan virus corona, meski sudah banyak pelonggaran.

"Tetaplah waspada dan jangan pernah lengah. Covid-19 tetap mengintai di sekitar kita," pungkasnya.

[Gambas:Instagram]





(dmi/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK