Setpres Sebut Tak Ada Reshuffle Kabinet di Rabu Pon Besok

CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 20:10 WIB
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut tidak ada agenda kocok ulang atau reshuffle kabinet pada Rabu (28/9). Istana Merdeka yang berada di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. (istockphoto/JokoHarismoyo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut tidak ada agenda kocok ulang atau reshuffle kabinet pada Rabu (28/9). Pernyataan itu sekaligus menjawab spekulasi publik soal Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon.

Heru tidak membeberkan jadwal kegiatan Jokowi pada esok hari. Akan tetapi, ia memastikan tidak ada rencana reshuffle kabinet di Rabu Pon ini.

"Tidak ada," ucap Heru lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (28/9).


CNNIndonesia.com juga bertanya apakah reshuffle kabinet akan dilakukan Rabu depan. Ia hanya mengirim stiker dan jawaban singkat.

"Enggak ada," imbuh Heru.

Sebelumnya, isu reshuffle kabinet muncul usai Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung ke koalisi pemerintah. Publik berspekulasi PAN akan mendapat kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sejumlah elemen relawan Jokowi menyebut reshuffle kabinet direncanakan pada akhir September. Hal itu merujuk pada keberadaan tanggal 29 September yang bertepatan pada hari Rabu Pon.

Rabu Pon adalah salah satu hari pasaran dalam penanggalan Jawa. Hari itu juga merupakan hari kelahiran Jokowi.

Jokowi dikenal publik sering membuat kebijakan strategis pada Rabu Pon. Misalnya, saat reshuffle 13 menteri, termasuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, 27 Juli 2016.

Hingga saat ini, kepastian reshuffle kabinet belum terang. Namun, PAN memastikan siap menerima kepercayaan dari Jokowi untuk duduk di kabinet.

"Pokoknya terserah Pak Presiden. PAN kalau disuruh membantu negara, siap. Tugasnya untuk merah putih, siap," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (25/9).

(dhf/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK