Jokowi Takjub Roket Astros TNI AD Bisa Meluncur 39 Kilometer

CNN Indonesia
Selasa, 05 Oct 2021 11:28 WIB
Jokowi merasa takjub dengan kekuatan peluncur roket Astros milik TNI AD. Sejak 2014, Indonesia telah mengimpor 56 mobil tempur itu. Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Kris)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo membangga-banggakan mobil peluncur roket Multiple Launcher Rocket System (MLRS) Astros II MK 6 AV atau Roket Astros Milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Jokowi merasa takjub dengan kekuatan peluncur roket buatan perusahaan asal Brasil Avibras Aerospacial. Sejak 2014, Indonesia telah mengimpor hampir enam lusin mobil tempur tersebut.

"Kita telah memiliki Astros sebanyak 56, misalnya. Ini roketnya bisa meluncur jarak 39 kilometer," kata Jokowi di depan Istana Merdeka, Selasa (5/10).


Dalam kesempatan itu, Jokowi juga melihat-lihat alutsista TNI lainnya. Ada sekitar seratus alat perang TNI yang dipajang di jalan raya sekeliling Monumen Nasional (Monas).

Mantan Wali Kota Solo itu mengapresiasi kesiapan alutsista TNI. Ia juga memuji langkah TNImemajang alat-alat tempur di sekitar ruang publik.

"Ini juga sebagai sebuah bentuk transparansi kepada publik bahwa APBN telah digunakan untuk membeli peralatan-peralatan ini," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 TNI, Selasa (5/10). Acara itu digelar terbatas di Istana Merdeka.

Pada perhelatan itu, Jokowi memberikan tanda kehormatan kepada tiga prajurit TNI. Jokowi juga menyaksikan demonstrasi udara yang dilakukan oleh TNI di langit Istana.

(dhf/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER