Partai Ummat Amien Rais Incar Posisi 5 Besar di Pemilu 2024

CNN Indonesia
Sabtu, 09 Oct 2021 07:35 WIB
Partai Ummat besutan Amien Rais fokus mengincar target lima besar dalam pemilu serentak pada 2024 mendatang. Untuk itu mereka akan mengincar generasi milenial. Partai Ummat besutan Amien Rais fokus mengincar target lima besar dalam pemilu serentak pada 2024 mendatang. Untuk itu mereka akan mengincar generasi milenial. (Dok. Partai Ummat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Ummat besutan Amien Rais fokus mengincar target lima besar dalam pemilu serentak pada 2024 mendatang. Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi.

"Optimis. Bahkan kami, yang namanya target kuantifikasi optimisme kami insyallah berharap 3-5 besar masuk," kata Ridho di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Ummat, Jakarta Selatan, Jumat (8/10).

Guna mencapai target itu, Ridho mengaku pihaknya akan fokus mengejar pemilih dari kelompok generasi milenial dan generasi Z di bawah usia 40 tahun. Ia merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut data pemilih di usia tersebut mencapai 60 persen.


Sedangkan, 40 persen sisanya merupakan pemilih di atas usia 40 tahun. Terlebih, kata dia, pemilih di usia tersebut umumnya telah memiliki preferensi politik yang tetap dan oleh karenanya sulit masuk menjadi basis pemilih Partai Ummat.

"Karena yang 40 tahun ke atas biasanya punya preferensi politik, sudah punya awareness, kemarin juga di-pubish, ada namanya electoral volatility," kata dia.

Menantu Amien Rais itu turut merujuk Indeks Pedersen pada Pemilu 2019 yang disebut paling rendah. Indeks Pedersen biasanya digunakan untuk mengukur kemungkinan elektoral berpindah pilihan partai.

Dengan data itu, lanjut Ridho, pihaknya karena itu akan lebih fokus mencari basis elektoral di kalangan milenial di bawah 40 tahun. Sementara untuk basis elektoral di atas usia 40 tahun, pihaknya akan memanfaatkan para loyalis Amien Rais.

"Sebagai partai baru narasinya juga kami harus baru. Itu lebih ideal melihat atau menggarap, ceruk yang di 47 persen tadi. Yaitu loyalis Amien Rais, atau yang juga orang-orang yang sudah punya preferensi politik," kata dia.

(thr/agt)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER