Kemendagri Pantau Pilkades Serentak di Tangerang Hari Ini

CNN Indonesia
Minggu, 10 Oct 2021 13:03 WIB
Dirjen Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo menilai pelaksanaan Pilkades Serentak di Tangerang telah memenuhi persyaratan protokol kesehatan. Kemendagri memantau pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Tangerang. (CNN Indonesia/Eko)
Tangerang, CNN Indonesia --

Setelah tiga kali ditunda, akhirnya pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Minggu (10/10). Kementerian Dalam Negeri memantau langsung pelaksanaan Pilkades di TPS 04 Desa Bojong Kamal, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

Menurut Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Yusharto Huntoyungo, dari pengamatan serta melalui laporan, semua instrumen protokol kesehatan yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang telah sesuai prosedur.

"Sampai dengan apa yang kami amati di lapangan ada kesesuaian, ada konsistensi antara laporan dan kondisi di lapangan," ujar Yusharto.


Ia mengatakan protokol kesehatan disiapkan secara baik oleh Bupati Tangerang beserta jajaran. Selain itu, lanjutnya, telah berkomunikasi dengan panitia TPS dan panitia tingkat desa tersebut telah menyampaikan imbauan jauh-jauh hari ke masyarakat yang akan memilih supaya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Dan Alhamdulillah sampai pukul 11.00 WIB, masih ada sekitar 1 sampai 2 jam lagi untuk memilih, yang sudah datang sudah hampir 90 persen dan juga tinggal menunggu sekitar 40 orang lagi dari sekian DPT yang ada di TPS 04 Bojong Kamal, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang," ungkapnya.

Yusharto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah melaksanakan Pilkades ini sesuai Permendagri 72 tahun 2020 dan juga surat Mendagri 8 Oktober 2021. Diketahui, di TPS 04 ini terdapat gerai vaksinasi untuk mempercepat vaksinasi untuk masyarakat.

"Diharapkan rangkaian pelaksanaan Pilkades ini akan menjadi ajang untuk percepatan vaksinasi," katanya.

"Bisa kita lihat ada gerai vaksinasi yang sudah memvaksinasi kurang lebih 14 orang atau belasan orang dan mudah-mudahan ini dapat diikuti warga lain yang mendengar kabar ada vaksinasi, sehingga warga akan datang secara sukarela melaksanakan vaksinasi di TPS 04 Bojong Kamal," sambungnya.

Yusharto menuturkan gerai vaksinasi menjadi fokus perhatian sejak dilanjutkan lagi pelaksanaan Pilkades setelah penundaan selama dua bulan dari tanggal 9 Agustus sampai dengan 9 Oktober di Kabupaten Tangerang. Meski demikian, Kabupaten Tangerang menjadi kabupaten yang pertama melaksanakan Pilkades dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga menjadi catatan.

Menurutnya, Mudah-mudahan pelaksanaan Pilkades di Tangerang ini menjadi prototipe pelaksanaan Pilkades dimana begitu banyak protokol kesehatan Covid-19 saat ini. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, penggunaan masker, penggunaan face shield, menjaga jarak, mengundang peserta bertahap Sampai dengan penyediaan gerai vaksinasi.

"Ini menjadi inovasi dari pelaksanaan Pilkades, kali ini di Kabupaten Tangerang," tandasnya.

(ekm/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER