UPDATE CORONA 11 OKTOBER 2021

Rangkuman Covid: Booster Vaksin Buat Umrah - Covid di PON

CNN Indonesia
Senin, 11 Oct 2021 18:55 WIB
Rangkuman dari penanggulangan Covid-19 di Indonesia hari ini ada soal syarat booster vaksin bagi calon jemaah umrah, hingga penularan Covid di PON Papua. Ilustrasi penanganan pandemi virus corona di Indonesia. (CNN Indonesia/Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah RI menyatakan akan terus mengakselerasi capaian program vaksinasi virus corona (Covid-19) di Indonesia guna mencapai target rampung vaksinasi 70 persen penduduk Indonesia di akhir tahun.

Kendati demikian, pemerintah tak memungkiri bahwa capaian vaksinasi pada warga lanjut usia (lansia) masih rendah dibandingkan kriteria vaksinasi lainnya.

Sementara itu, penambahan kasus virus corona harian di Indonesia terus menurun selama 2 pekan terakhir. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti ancaman potensi gelombang ketiga covid-19 tetap ada, apalagi menjelang libur Natal dan Tahun baru.


CNNIndonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut:

Kepri Susul Bali Buka Tempat Wisata untuk Wisman

Pemerintah RI akan membuka Kepulauan Riau untuk kunjungan wisatawan asing dari 18 negara mulai 14 Oktober 2021. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan rencananya aturan masuk bagi turis di Kepulauan Riau akan sama seperti yang pemerintah terapkan di Bali.

"Terkait dengan kesiapan Kepulauan Riau untuk membuka terhadap turis, ini sudah dipersiapkan," ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat konferensi pers virtual, Senin (11/10).

Syarat Umrah RI Harus Pakai Booster Vaksin

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah Eko Hartono, mengungkapkan pemerintah Arab Saudi mengharuskan WNI penerima vaksin Covid-19 Sinovac dan Sinopharm menerima suntikan booster sebelum berangkat umrah.

Merespons keputusan itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Hilman Latief berencana melakukan lobi dengan otoritas Arab Saudi agar masyarakat Indonesia yang ingin pergi umrah tak perlu sudah di-booster.

83 Atlet PON XX Terinfeksi Covid

Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto mengatakan sebanyak 83 atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XX ditemukan terkonfirmasi positif Covid-19 per data Minggu (10/10). Menurutnya jumlah ini tergolong masih rendah.

Menko Perekonomian ini juga merinci sebanyak 65 orang terkonfirmasi positif merupakan atlet yang bertanding di PON Papua, sisanya terdiri dari pihak official, pelatih (coach), juga beberapa pihak media yang meliput PON.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut tempat penginapan disinyalir kuat sebagai salah satu faktor penularan virus corona yang menjangkiti puluhan atlet dalam perhelatan acara PON XX Papua.

Selain tempat penginapan yang kurang mematuhi implementasi protokol kesehatan covid-19 yakni menjaga jarak, aktivitas makan bersama menurutnya juga menjadi faktor kedua penularan Covid-19 di perhelatan PON XX.

Update Covid 11 Oktober 2021

Data harian yang dirilis Satgas Covid-19 per hari ini, Senin (11/10) mencatat terdapat penambahan kasus covid-19 baru sebanyak 620 orang. Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 2.444 kasus, dan 65 kasus meninggal baru.

Sehingga secara kumulatif, sebanyak 4.228.552 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 4.063.295 orang dinyatakan pulih, 22.541 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 142.716 lainnya meninggal dunia.

Kemenkes per Senin (11/10) Pukul 12.00 WIB mencatat sebanyak 100.322.375 orang telah menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona. Sementara baru 57.607.200 orang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin covid-19 di Indonesia.

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran 208.265.720 orang baru menyentuh 48,17 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 27,66 persen.

(mir/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER