Menkes Sebut Penginapan Jadi Sumber Penularan Covid saat PON

CNN Indonesia
Senin, 11 Oct 2021 17:34 WIB
Selain tempat penginapan yang kurang mematuhi protokol kesehatan Covid-19, aktivitas makan bersama jadi faktor kedua penularan Covid-19 di perhelatan PON XX. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kurang diterapkan di tempat penginapan atlet PON XX Papua. (Foto: Muchlis - Biro Pers)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut tempat penginapan disinyalir kuat sebagai salah satu faktor penularan virus corona. Puluhan atlet terinfeksi Covid-19 dalam perhelatan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dengan temuan itu, Budi meminta agar wewenang Satuan Tugas Penanganan Covid-19 daerah diperkuat, guna benar-benar mengawasi dan menindak pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 di acara PON XX tersebut.

"Hasil pengamatan kami, terjadinya penularan ini kemungkinan besar disebabkan di tempat penginapan. Karena memang kamar yang ditempati oleh para atlet itu satu kamar ditempati empat orang atlet," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (11/10).


Selain tempat penginapan yang kurang mematuhi implementasi protokol kesehatan Covid-19 yakni menjaga jarak, aktivitas makan bersama menurutnya juga menjadi faktor kedua penularan Covid-19 di perhelatan PON XX.

Mantan wakil menteri BUMN itu juga menyoroti penerapan protokol kesehatan Covid-19 3M pada atlet dan penonton yang menurutnya masih bisa terus ditingkatkan. Sebab, menurutnya, PON XX kali ini sebagai pilot project bagi pemerintah dan masyarakat dalam menggelar acara besar di masa pandemi Covid-19.

"Hal ini menjadi catatan agar acara besar seperti ini ada perbaikan protokol kesehatan yang bisa kami lakukan," ujar Budi.

Lebih lanjut, Budi juga memaparkan bahwa per 11 Oktober siang, sebanyak 83 atlet dilaporkan terpapar Covid-19. Mereka saat ini tengah menjalani isolasi terpusat di tempat fasilitas yang disediakan pemerintah daerah setempat.

Budi menyebut jumlah kasus atlet yang terinfeksi paling banyak terjadi pada cabang olahraga judo, motor cross, panahan, dan cricket. Adapun daerah dengan atlet yang paling banyak terinfeksi Covid-19 di antaranya berasal dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, dan Bali.

Infografis Jangan Terbuai Covid LandaiInfografis Jangan Terbuai Covid Landai. (Foto: Dok. BNPB)
(khr/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER