Sekjen PBNU: NU Masih Harus Dipimpin oleh 'Kasepuhan'

CNN Indonesia | Rabu, 13/10/2021 09:35 WIB
Sekjen PBNU, Helmy Faishal menegaskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU sangat dimungkinkan bagi Said Aqil untuk maju kembali. Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Helmy Faishal Zaini. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faishal Zaini menegaskan bahwa organisasi NU masih harus dipimpin oleh kasepuhan, atau dalam makna lain mereka yang dituakan.

"Sebagai organisasinya para kiai, NU masih harus dipimpin oleh kasepuhan," kata Helmy dalam keterangan resminya, Rabu (13/10).

Helmy mengklaim sejumlah kalangan sudah meminta kesediaan Ketum PBNU saat ini, Said Aqil Siroj untuk memimpin NU di periode ketiga. Ia menegaskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU sangat dimungkinkan bagi Said untuk maju kembali.


Meski demikian, Said menyampaikan bahwa masih harus mendengar dawuh atau perintah dari para kiai sepuh.

"Yang memilih ketum PBNU itu langsung dari langit. Doa & dawuh dari para kiai sepuh adalah panduan saya," Helmy.

Helmy mengaku mendukung Said Aqil untuk melanjutkan kepemimpinannya sebagai Ketum PBNU berikutnya di Muktamar Lampung pada Desember 2021 mendatang beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Helmy menilai Said telah menorehkan sejumlah prestasi dan warisan baik semasa memimpin NU 10 tahun belakangan ini. Said diklaim telah mendirikan 36 Universitas NU, Rumah Sakit NU, program penguatan basis ekonomi di kalangan pesantren melalui Lazisnu dengan capaian spektakuler.

"Lalu melakukan transformasi digital melaui super aplikasi KARTANU & NU online menjadi kebanggaan warga Nahdliyin," kata dia.

Helmy berharap NU ke depan harus menjadi organisasi yang mandiri, kuat & kokoh sebagai pilar pemersatu bangsa. NU, kata dia, bisa terus menjadi penyangga utama Pancasila & NKRI serta menjadi pusat peradaban khazanah Islam Nusantara yang disegani seluruh dunia

"Maka kehadiran Kiai Said, yang 13 tahun lamanya di Makkah menempuh jalan sunyi, di masa mendatang adalah melanjutkan ikhtiar penting yang telah dirintisnya dalam dua periode terakhir: melahirkan Generasi Baru NU, kader-kader NU masa depan menyongsong abad kedua NU," kata Helmy.

Muktamar NU ke-34 akan digelar pada 23-25 Desember mendatang. Sejumlah nama menyeruak dalam bursa calon ketua umum PBNU. Selain Said Aqil, nama Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf, Ketua PWNU Jaktim Marzuki Mustamar masuk dalam bursa Caketum PBNU.

(rzr/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK