Capaian Vaksinasi Sejumlah Wilayah Zona Hijau Masih Rendah

CNN Indonesia | Rabu, 13/10/2021 17:00 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 mencatat ada beberapa zona hijau yang tidak mengalami penambahan kasus, namun capaian vaksinasinya tergolong rendah. Ada lima zona hijau, namun vaksinasi covid-19 di daerah tersebut masih rendah (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Data milik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 10 Oktober menyatakan ada lima zona hijau yang tidak mengalami penambahan kasus virus corona. Namun, beberapa daerah zona hijau tersebut masih memiliki capaian vaksinasi yang rendah.

Lima daerah yang dimaksud adalah Kabupaten Tambrauw dan Kab. Pegunungan Arfak di Papua Barat, Kabupaten Buru Selatan dan Kota Tual di Provinsi Maluku, serta Kabupaten Intan Jaya di Papua.

Capaian vaksinasi Kabupaten Tambrauw baru mencapai 6.73 persen dari sasaran atau sekitar 1346 orang untuk dosis pertama. Sedangkan dosis keduanya hanya 3,33 persen atau 666 orang.


Berdasar data Dinas Kesehatan Prov. Papua Barat, kasus positif yang pernah terjadi di Kab. Tambrauw tercatat hanya 72 kasus, sedangkan kasus meninggal mencapai 3 orang.

Kemudian, Kab. Pegunungan Arfak juga memiliki capaian vaksinasi yang rendah, hanya 0.41 persen untuk dosis 1, yang berarti hanya sekitar 123 orang menerima vaksin.

Sejauh ini Pegunungan Arfak hanya sempat memiliki 3 kasus dengan kesembuhan 100 persen.

Selanjutnya, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid Maluku, kasus positif yang pernah ada di Kab. Buru Selatan adalah 14 kasus dengan kesembuhan 100 persen.

Sebagai informasi, peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator kesehatan masyarakat melalui sistem skoring dan pembobotan.

Beberapa indikator yang digunakan ialah indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

(bmw/cfd/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK