Dugaan Pelecehan Ibu Hamil, Dinkes Klaim Wawancara Sesuai SOP

CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 03:13 WIB
Terkait tudingan seorang ibu hamil soal ucapan yang melecehkan, Dinkes DKI mengklaim pertanyaan nakes sesuai dengan gejala klinis. Ilustrasi pemeriksaan ibu hamil. (Foto: Istockphoto/ Srisakorn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan tindakan yang dilakukan tenaga kesehatan (nakes) terhadap ibu hamil yang mengaku dilecehkan di salah satu Puskesmas di Jakarta Barat telah sesuai dengan prosedur standar operasional (SOP).

Sebelumnya, nakes di puskesmas itu diduga telah melecehkan ibu hamil tersebut.

"Itu tim kita sudah lakukan sesuai SOP, mempertanyakan, Jadi gini, di dalam suatu pelayanan kesehatan ada langkah-langkah penegakan diagnosa, mulai dari anamnesa atau wawancara, pemeriksaan fisik dan nanti apa keputusannya, pemeriksaan penunjang," kata Widyastuti di Monas, Jakarta Pusat (13/10).


Widyastuti pun mengklaim pertanyaan yang diajukan oleh nakes terhadap ibu hamil tersebut sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Sesuai dengan anamnesa dan gejala klinis yang sesuai dengan di lapangan," katanya.

Sebelumnya, dugaan pelecehan oleh tenaga kesehatan diinformasikan oleh akun TikTok @stevfannywijaya. Diduga terjadi di salah satu puskesmas wilayah Jakarta Barat.

Pengunggah video mengaku sebagai saudara ibu hamil 9 bulan yang diduga dilecehkan oleh nakes.

Ia mengatakan ada 3-5 bidan di tempat saat kejadian tersebut. Para nakes itu juga terus mengatakan kata-kata tidak pantas saat pasien sedang berkontraksi.

"Karena saudara saya datang sendiri, langsung seperti di judge kalau dia bukan wanita baik-baik. Bidan tersebut bisa-bisanya menyerang saudara saya yang sedang mules-mules dan nangis-nangis merintis kesakitan dengan pertanyaan 'sudah berhubungan sama berapa cowok bu?' Pantaskah?" tulis akun tersebut.

(yoa/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK