Pertemuan Maraton Ganjar Pranowo: Anies, RK hingga Gibran

CNN Indonesia
Jumat, 15 Oct 2021 13:28 WIB
Ganjar Pranowo menjali pertemuan dengan banyak tokoh belakangan. Paling anyar dia bertemu dengan Bima Arya dan Gibran Rakabuming Raka di Semarang, Kamis (14/10) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ngopi bareng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Balai Kota, usai ketiganya menerima pengharagaan keterbukaan informasi publik, Senin (5/11). Foto: CNN Indonesia/Tiara Sutari
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo belakangan banyak menjalin pertemuan dengan sejumlah tokoh, termasuk di antaranya beberapa kepala daerah. Paling anyar, Ganjar terlihat bertemu dengan Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Semarang, Kamis (14/10).

Pertemuan ketiganya terjadi di rumah dinas Gubernur Jateng, Kota Semarang. Menurut Ganjar, kunjungan Bima Arya merupakan kunjungan balasan dan kebetulan politikus PAN itu sempat hadir dalam acara Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (APEKSI) di Yogyakarta.

"Ada acara dari Yogya mau mampir, ternyata ada mas Gibran," kata Ganjar, seperti dikutip dari detik.com.


Politikus PDIP itu mengatakan membahas sejumlah hal dalam pertemuan tersebut. Di antaranya, soal pemerintahan daerah, olahraga, hingga UMKM.

Bima Arya di sisi lain mengungkapkan jika kunjungannya kali ini juga sempat membahas mengenai politik. Namun, ia tidak merinci lebih lanjut isi pembicaraan politik tersebut.

Pertemuan Ganjar dengan tokoh-tokoh politik bukan kali ini saja. Tercatat, sejak 2020, ia sudah beberapa kali bertemu dengan kepala daerah lain maupun elite-elite partai politik.

Misalnya, pada Oktober tahun lalu, Ganjar sempat bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kota Semarang. Keduanya turut didampingi istri masing-masing.

Ridwan mengatakan, kunjungannya kali itu hanya untuk menemani istrinya, Atalia Praratya untuk membahas kerja sama kepramukaan dengan istri Ganjar, Atikoh Suprianti. Kedua istri gubernur tersebut merupakan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka di provinsi masing-masing.

"Kemarin betul-betul lebih ke (pramuka), karena istri dilepas sendiri bahaya. Jadi saya menemani, memastikan pembicaraan terkait kepramukaan berjalan dengan baik, tidak ada sedikitpun berbicara soal perpolitikan," kata pria yang akrab disapa Emil itu beberapa waktu lalu.

Beberapa bulan setelahnya, giliran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang kedapatan mengunjungi rumah dinas Ganjar di Semarang. Selain bersilaturahmi, keduanya juga membahas berbagai persoalan.

AHY mengaku kunjungannya itu sekadar bersilaturahmi dan berdiskusi mengenai berbagai hal. Ia juga menyebut kedatangannya pada Desember 2020 untuk memberi dukungan penanganan pandemi Covid-19.

"Ya tadi memang diskusi macam-macam, tapi hanya diskusi renyah, tidak banyak membicarakan isu penting, apalagi membahas negara. Saya senang karena tadi dijamu makan malam pakai ikan sembilang dan enak sekali," ujar AHY.

Masuk tahun 2021, safar politik sejumlah tokoh ke Ganjar masih berlanjut. Pada April 2021, giliran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyambangi Ganjar di rumah dinas.

Anies mendatangi Ganjar pada Minggu (25/4) malam. Ganjar membenarkan Anies mendatanginya saat itu, namun menurutnya saat itu Anies sekadar mampir setelah berkunjung ke Jawa Timur bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Kemudian, pada akhir September lalu, giliran Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang bertemu Ganjar. Keduanya kompak menghadiri acara tradisi Yaqowiyu di Kabupaten Klaten.

Keduanya mengaku tidak membahas mengenai pilpres 2024. "Ini masih bulan September 2021," kata Airlangga menjawab pertanyaan soal pencapresan.

Sementara, Ganjar mengatakan, sebagai kepala daerah ia masih fokus dalam menangani pandemi Covid-19.

Baca Berita Selengkapnya di sini

(dmi/ugo)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER