Endus Pengurangan Kuota BBM Sumut, Polda Undang Pertamina

CNN Indonesia
Sabtu, 16 Oct 2021 06:25 WIB
Pihak Pertamina akan diklarifikasi kepolisian terkait kelangkaan BBM di sejumlah wilayah di Sumut. Warga Sumut mengantre akibat kelangkaan BBM di SPBU. (Foto: CNN Indonesia/ Farida)
Medan, CNN Indonesia --

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra memerintahkan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) untuk mengundang pihak Pertamina terkait kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di sejumlah wilayah di Sumut.

"Untuk itu saya sudah memerintahkan untuk menindaklanjutinya dengan mengundang Kepala Pemasaran Pertamina wilayah Medan dan hari ini sedang berlangsung rapatnya di Dit Reskrimsus," kata dia, dalam keterangannya, Jumat (15/10).

Dari hasil pemeriksaan sementara, tambah Panca, terjadi pengurangan distribusi BBM dari Depo Pertamina ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Kondisi itu menyebabkan sejumlah SPBU kekurangan pasokan BBM.


"Nanti kita dengar apa alasan dan apa penyebabnya sehingga terjadi pengurangan jumlah kuota BBM di Sumut," paparnya.

Terkait dugaan permainan mafia yang menyebabkan kelangkaan BBM di Sumut, Panca menegaskan masih dilakukan pendalaman.

"Kita masih dalami tapi dari hasil wawancara kita dengan pemilik SPBU bahwa jumlah kuota harian yang diterima SPBU terjadi pengurangan dari Depo Pertamina. Dan apa penyebabnya Pertamina yang lebih tahu. Rapat sedang berlangsung nanti kita sampaikan," paparnya.

Namun begitu, Panca mengaku akan memberikan tindakan tegas kepada para pihak yang mencoba mengambil kesempatan dalam keterbatasan distribusi BBM di Sumut.

"Khususnya kepada para pihak yang mencoba mengambil kesempatan dalam keterbatasan distribusi BBM di Sumut saat ini, saya tak ada ampun bagi para pelaku usaha yang mencoba mengambil keuntungan di tengah kondisi seperti ini," ungkapnya

"Saya akan tindak tegas karena kepentingan masyarakat harus diutamakan. Supaya semua berjalan lancar terutama kegiatan perekonomian masyarakat," lanjutnya.

Sebelumnya, Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman mengatakan kekosongan BBM di sejumlah SPBU di Sumut disebabkan masalah cuaca dan keterlambatan kedatangan tanker yang mengangkut BBM.

"Jadi kendalanya masalah kedatangan tanker. Tapi sekarang sudah aman. Karena tanker yang mengangkut BBM ini sandar pada Rabu kemaren," kata dia, Kamis (14/10).

Taufikurachman menyebutkan kapal tanker tersebut mengangkut 15.900 KL BBM yang diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan konsumsi di Sumut selama sepekan ke depan.

"Kita sudah menyalurkan BBM ke setiap SPBU. Selain itu, pengiriman BBM juga sempat terkendala masalah cuaca. Dengan menurunnya level PPKM aktivitas masyarakat mulai meningkat dan seiring dengan itu telah terjadi kenaikan konsumsi BBM," bebernya. 

(fnr/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER