Warga Belawan Medan Demo Bobby, Tagih Janji Atasi Banjir Rob

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 18:24 WIB
Warga Medan Belawan menggeruduk kantor Wali Kota Medan, menagih janji Bobby Nasution atas banjir rob. Mereka sempat mengancam menginap di kantor Bobby. Wali Kota Medan Bobby Nasution. (CNNIndonesia/Farida)
Medan, CNN Indonesia --

Puluhan warga Kecamatan Medan Belawan melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Medan, Senin (18/10). Mereka menagih janji Wali Kota Medan, Bobby Nasution untuk menangani banjir rob yang sampai saat ini masih terjadi di wilayah itu.

"Bobby keluar. Atau kami panjat ke dalam. Hargailah kami di luar ini. Pak Bobby dulu datang ke kami untuk dukung dia. Kami udah capek kali," kata ketua aksi unjuk rasa, Chairil Chaniago Senin (18/10).

Pedemo yang mayoritas ibu-ibu juga mengancam akan memasang tenda serta menginap di depan Kantor Wali Kota Medan jika banjir rob tak kunjung diatasi.


"Apa perlu kami pasang tenda agar pak Bobby ke sini. Dulu Pak Bobby yang mencari-cari kami. Ini kami pula yang mencari Pak Bobby. Belawan sudah tenggelam oleh banjir rob. Kami minta Bobby buat kebijakan segera untuk selamatkan belawan," teriak pendemo.

Menurut para pendemo banjir rob terjadi di Belawan di antaranya disebabkan alih fungsi lahan mangrove untuk usaha perkebunan sawit hingga drainase saluran air yang mengalami degradasi fungsi.

"Kondisi Belawan saat ini sudah sangat memprihatikan. Pemerintah bertahun-tahun abai. Banyak hal yang telah dilakukan pemerintah dalam bentuk rapat koordinasi, tapi sampai sekarang tidak kunjung ada penyelesaian banjir rob di Belawan," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bobby Nasution yang menemui para pendemo mengatakan masalah banjir rob di Belawan masih dalam pembahasan bersama Pemprov Sumut dan Kementerian PUPR.

"Sudah disepakati dengan Kementerian PUPR, namun usulan dari Kementerian PUPR untuk banjir rob ada kami revisi. Jangan hanya jalan yang ditinggikan, tapi drainase di sana juga harus ditangani. Pengerjaan ini bukan hanya wilayah Medan, tapi harus kolaborasi dengan kementerian dan provinsi," katanya.

Menurut Bobby penanganan banjir rob di Belawan harus betul betul direncanakan. Namun penyelesaiannya harus dilakukan secara bertahap.

"Janji saya saat kampanye dulu kalau saya akan berkantor di Belawan. Tapi saya sampaikan di sini, ngapain saya berkantor ke sana kalau enggak bawa solusi. Kalau kita bersihkan drainase sekarang, air malah naik dari laut. Makanya kita perencanaannya harus betul-betul. Biar kerjanya kami nanti enggak dianggap hanya seremonial. Makanya kita buat dulu gambarnya, kira-kira sudah jadi baru kita kerjakan. Gambarnya belum selesai. Kalau gambar sudah selesai pasti kami sharing," urai Bobby

Selain menyampaikan masalah banjir rob, mereka juga menyampaikan masalah judi dan pengangguran di Belawan yang saat ini masih belum bisa ditangani.

(fnr/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER