Pesisir Belawan Berpotensi Banjir Rob Selama 6 Hari

CNN Indonesia
Selasa, 19 Oct 2021 00:08 WIB
Potensi rob diprediksi terjadi selama enam hari akibat adanya aktivitas pasang air laut, dan curah hujan tinggi yang dapat mempengaruhi banjir pesisir. Ilustrasi rob. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat yang bermukim di kawasan pesisir Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) mewaspadai potensi banjir rob dalam beberapa hari ke depan.

"Banjir rob berpotensi melanda kawasan pesisir Belawan pada tanggal 19 hingga 24 Oktober 2021," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan Medan, Sugiyono, Senin (18/10).

Menurutnya kondisi ini terjadi akibat adanya aktivitas pasang air laut, dan curah hujan tinggi yang dapat mempengaruhi banjir pesisir. Banjir rob akan berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan aktivitas masyarakat.


"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari banjir roba, serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," ujarnya.

Diketahui, pada Selasa, 5 Oktober 2021, kawasan pesisir Belawan, Medan, dilanda banjir rob. Tercatat 15 ribu rumah terendam dan 70.685 jiwa terdampak akibat peristiwa ini. Kondisi ini terjadi akibat Tinggi Muka Air (TMA) hingga 70 sentimeter yang disebabkan pasang air laut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan melaporkan terdapat 7 kelurahan terdampak di Kecamatan Medan Belawan, antara lain Kelurahan Belawan 1, Belawan 2, Sicanang, Bahari, Bahagia, Bagan Deli, dan Labuhan Deli.

(fnr/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER