Megawati Puji Hoegeng: That's the Real Polri

CNN Indonesia
Selasa, 19 Oct 2021 21:01 WIB
Megawati Soekarnoputri berharap anggota Polri berkaca pada Mantan Kapolri Jenderal Hoegeng yang dekat dengan rakyat. Megawati Soekarnoputri meminta anggota Polri berkaca pada mantan Kapolri Hoegeng dan Awaloedin Djamin (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDIP yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengenang sosok dua mantan Kapolri, Jenderal Hoegeng dan Awaloedin Djamin. Ia menaruh hormat kepada dua tokoh itu.

Mega memuji dua tokoh itu saat memberi memberi pembekalan kepada peserta didik Sekolah Staf dan Pimpinan Pertama, Menengah dan Tinggi Polri secara virtual, Selasa (19/10).

"Saya kenal dengan Pak Hoegeng dan berteman dengan puterinya. Pak Hoegeng is the best. That's the real Polri," kata Megawati.


Mega meminta agar setiap anggota Polri mengingat fungsi dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara. Dia berharap Korps Bhayangkara tidak memikirkan kepentingan pribadi dan sekadar mengejar karier.

Setiap anggota Polri, kata Megawati, perlu bertanya pada diri masing-masing bagaimana menjalankan fungsi sesuai amanah yang diberikan. Bekerja sebagai pengayom masyarakat harus sudah ada dalam benak masing-masing sebelum masuk Polri.

"Saya ingin Polri, yang selain tangguh dan elegan, yang memeluk rakyat, dicintai anak-anak dan ibu-ibu. Jangan mikir rutinitas atau karir saja. Tetapi punya semangat. Karena Polri penjaga Bhayangkara negara," ujarnya.

Mengenai hal itu, Megawati mengatakan anggota Polri bisa berkaca pada dua mantan Kapolri, Jenderal Hoegeng dan Awaloedin Djamin. Hoegeng sangat dekat dengan masyarakat, sementara Awaloedin adalah tokoh terpelajar yang juga tak berjarak dengan warga.

"Orangnya merakyat. Dia naik sepeda. Sedangkan, Kapolri Awaloedin, dia profesor," kata Megawati.

(dmi/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER