Golkar Pastikan Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres 2024

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Selasa, 19 Oct 2021 22:50 WIB
Partai Golkar memastikan bakal mengusung Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024 meski elektabilitasnya berdasarkan sejumlah survei terbilang rendah. Partai Golkar memastikan bakal mengusung Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024 meski elektabilitasnya berdasarkan sejumlah survei terbilang rendah. (Lukas - Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia menyebut pihaknya memiliki strategi dan monitoring internal guna mendongkrak elektabilitas Airlangga Hartarto yang dipastikan bakal maju di Pilpres 2024.

Doli mengaku menghargai hasil survei sejumlah lembaga yang rata-rata menempatkan Airlangga di bawah sejumlah nama seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan. Namun, menurutnya, hasil survei bersifat relatif.

Menurut Doli, Partai Golkar sejauh ini terus turun ke bawah untuk menjalankan program di masyarakat. Upaya itu dilakukan untuk mengukur antusiasme publik kepada Airlangga.


Lihat Juga :

"Kami punya strategi dan kemudian mekanisme monitoring di internal. Kami setiap hari konsolidasi ke bawah, dan membuat program-program yang mengukur antusiasme publik kepada partai dan Pak Airlangga,"kata Doli dalam rangkaian HUT Golkar ke-57 di TMP Kalibata, Selasa (19/10).

Meski begitu, Partai Golkar sejauh ini belum menentukan waktu untuk mendeklarasikan sang ketua umum maju di Pilpres. Pihaknya masih menunggu momentum dan berjanji bakal menyampaikan hal itu ke publik.

Sejumlah survei masih menempatkan elektabilitas Airlangga masih di bawah rata-rata nama seperti Prabowo hingga Ganjar.

Menko Perekonomian itu bahkan sempat berada di bawah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam survei yang dirilis New Indonesia Research & Consulting awal Agustus lalu.

Sementara, dalam survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pekan lalu, nama Airlangga juga kalah dari mantan Imam Besar FPI, Rizieq Shihab. Elektabilitas Airlangga hanya berada di angka 0,3 persen, jauh di bawah Rizieq dengan 1,6 persen.

"Hasil survei relatif ya, artinya kami hargai, memberikan apresiasi. Buat kamu itu menjadi informasi penting bagi kami," ucap Doli.

Lebih lanjut, Ketua Komisi II DPR itu berujar Partai Golkar telah menyepakati bakal mengusung Airlangga di Pipres 2024. Keputusan itu kata dia telah disepakati dalam Munas partai pada 2019, agar Golkar memiliki calon sendiri dalam Pilpres mendatang.

Kemudian, dalam Rapimnas dan Rakernas Partai, semua kader juga telah menyepakati Airlangga maju di 2024. Menurut dia, Airlangga adalah kader terbaik partai sejauh ini yang terpilih dalam Munas. Oleh sebab itu, pihaknya akan memajukan kader terbaik di Pilpres mendatang.

"Nah tentu kalau bicara calon presiden, tentu kita harus memberikan kader terbaik kan, itulah kenapa diputuskan dalam rapimnas dan rakernas, kami memutuskan ... Pak Airlangga sebagai calon presiden," kata Doli.

(thr/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER