Mahasiswa Bergerak ke Istana, Jokowi Terbang ke Kalimantan

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 08:09 WIB
Presiden Jokowi terbang ke Kalimantan Selatan untuk kepentingan kunjungan kerja, sementara BEM SI tengah bergerak ke Istana untuk menggelar unjuk rasa. Presiden Jokowi terbang ke Kalimantan Selatan untuk kepentingan kunjungan kerja, sementara BEM SI tengah bergerak ke Istana untuk menggelar unjuk rasa. Foto: Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan hari ini, sementara Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar unjuk rasa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/10).

Jokowi telah meninggalkan Jakarta sejak 07.30 WIB. Ia berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

"Setibanya di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Presiden akan langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Tanah Bumbu, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU," dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Kamis (21/10).


Jokowi akan meresmikan pabrik biodiesel di Tanah Bumbu. Setelah itu, ia akan berpindah ke Kota Banjarmasin.

Mantan Wali Kota Solo itu direncanakan meninjau Covid-19 di RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh. Dia juga akan menyapa para peserta vaksinasi di sejumlah titik di Provinsi Kalimantan Selatan via telekonferensi video.

"Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden akan meninjau sekaligus meresmikan Jembatan Sei Alalak yang ada di Kota Banjarmasin," ucap Setpres.

Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjungan kerja kali ini. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo juga ikut serta dalam lawatan ini.

Saat Jokowi tak di Jakarta, BEM SI menggelar demonstrasi di sekitar Istana. Aksi unjuk rasa dilakukan dalam rangka 7 tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo.

BEM SI menilai kepemimpinan Jokowi tidak membuahkan hasil dalam dua periode. Mereka menilai tak ada terobosan yang dilakukan Jokowi guna mengatasi masalah di Indonesia.

"Kami mengajak seluruh mahasiswa di Indonesia dari sabang sampai merauke dan seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti aksi nasional," kata Koordinator Pusat BEM SI Nofrian Fadil Akbar melalui keterangan tertulis, Rabu (20/10).

(dhf/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER