Kabaintelkam Polri Paulus Waterpauw Dilantik Jadi Deputi BNPP

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 12:50 WIB
Presiden Jokowi menunjuk Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri Komjen Paulus Waterpauw sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di BNPP. Presiden Jokowi menunjuk Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri Komjen Paulus Waterpauw sebagai pejabat di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Foto: CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri Komjen Paulus Waterpauw sebagai pejabat di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Benni Irwan mengonfirmasi kabar tersebut. Benni menyebut Paulus telah dilantik pukul 09.00 WIB hari ini.

"Betul. Berdasarkan keppres, beliau sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan," kata Benni lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (21/10).


Benni menyampaikan Paulus tak lagi menjabat di Mabes Polri per hari ini. Paulus akan berfokus mengelola perbatasan di BNPP.

"Sejak dilantik hari ini, maka yang bersangkutan akan bertugas sebagai Deputi BNPP," tutur Benni.

BNPP adalah lembaga yang dibentuk untuk reorientasi kebijakan pembangunan di kawasan perbatasan. Badan ini beranggotakan 18 kementerian/lembaga serta 13 gubernur di kawasan perbatasan.

Badan tersebut dipimpin secara rangkap oleh Menteri Dalam Negeri. Saat ini, Kepala BNPP dijabat oleh Tito Karnavian.

Paulus adalah perwira tinggi Polri kelahiran Fakfak, Papua Barat 25 Oktober 1963. Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1987 itu pernah menjabat Kapolresta Jayapura pada 2005.

Paulus pernah menjabat sebagai Wakapolda dan Kapolda Papua Barat pada 2014-2015. Ia juga pernah menjabat sebagai Kapolda Papua selama dua kali, yakni pada 2017-2019 dan 2019-2021.

(dhf/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER