Tahan Truk, Mahasiswa Makassar Blokir Jalan Saat Demo Jokowi

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 15:38 WIB
Mahasiswa melakukan pemblokiran dengan menahan dua truk dan membakar ban di Jalan Sultan Alauddin, Makassar. Mahasiswa di Makassar memblokir jalan saat demo mengkritisi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Jokowi (CNN Indonesia/Ilham)
Makassar, CNN Indonesia --

Mahasiswa yang menggelar demonstrasi memblokir jalan Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Demonstrasi dilakukan dalam rangka mengkritik tujuh tahun kepemimpinan Presiden Jokowi.

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, mahasiswa memblokir jalan dengan menahan dua truk dan membakar ban bekas. Lalu lintas dan masuk Kota Makassar jadi macet total.

Ada tiga lokasi yang dijadikan pusat demonstrasi, yaitu di depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, depan kampus Muhammadiyah Makassar dan di pertigaan Jalan AP Pettarani-Sultan Alauddin.


Mahasiswa secara bergantian melakukan orasi dengan menggunakan alat pengeras suara. Mayoritas berasal dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Gowa Raya.

Dalam orasinya, koordinator lapangan aksi, Razak Usman mengkritik kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf. Dia menilai kebijakan selama ini hanya mengedepankan pembangunan infrastruktur yang menguntungkan pihak tertentu.

"Pembangunan infrastruktur lebih cenderung berpihak kepentingan politik, kelompok dan orang-orang yang berada di luar negara ini," kata Razak, Kamis (21/10).

Razak juga mengkritik pemerintahan Jokowi yang menerbitkan kebijakan sarat masalah. Misalnya, pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja, Revisi UU KPK dan seterusnya.

"Kami menuntut tegakkan supremasi hukum, tolak rencana amandemen UUD, tolak Omnibuslaw, cabut UU nomor 19 tahun 2019, tolak Pilkada serentak, tolak penghapusan BBM bersubsidi dan mendesak Jokowi dalam penyelesaian penanganan Covid-19," tegasnya.

Hingga saat ini, aksi unjuk rasa evaluasi dua masa kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin masih berlangsung dengan pengawalan dari pihak kepolisian.

(mir/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER