Demo di Sejumlah Kota, Jokowi Resmikan Pabrik di Kalsel

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 17:25 WIB
Presiden Jokowi meresmikan pabrik di Kalimantan Selatan di saat bersamaan sejumlah demo mahasiswa digelar di sejumlah daerah. Demo mahasiswa di ibu kota, Kamis (21/10). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mahasiswa menggelar demonstrasi di berbagai kota memperingati tujuh tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sementara itu, Jokowi memilih pergi meresmikan pabrik pengolahan sawit milik PT Jhonlin Group di Kalimantan Selatan.

Aksi terbesar digelar di Jakarta Pusat. Massa yang dimotori Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) itu melakukan aksi jalan kaki dari Perpustakaan Nasional ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

Massa terhenti di Patung Kuda karena adangan kepolisian. Namun, mereka tak melakukan perlawanan fisik. Mahasiswa berorasi secara bergantian di depan barikade polisi.


"Hari ini, kita di sini bukan untuk eksistensi, tapi membawa substansi yang jelas!" kata Boy, seorang perwakilan Poltekkes Tanjung Karang dalam aksi di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/10).

Mereka membacakan 12 poin tuntutan setelah tak bisa mendekat ke Istana. Salah satunya tuntutan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Aksi serupa juga digelar di Kota Makassar. Perbedaannya, mahasiswa di Makassar memblokir Jalan Sultan Alauddin. Mereka juga menahan dua truk dan membakar ban bekas.

Koordinator lapangan aksi mahasiswa di Makassar, Razak Usman, mengkritik keberpihakan pemerintah dalam pembangunan. Ia juga menuntut Jokowi membuat sejumlah kebijakan pro rakyat.

"Kami menuntut tegakkan supremasi hukum, tolak rencana amandemen UUD, tolak Omnibuslaw, cabut UU nomor 19 tahun 2019, tolak Pilkada serentak, tolak penghapusan BBM bersubsidi dan mendesak Jokowi dalam penyelesaian penanganan Covid-19," kata Razak, Kamis (21/10).

Sementara itu, mahasiswa di Semarang menggelar long march dari kawasan Kota Lama menuju Kantor Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Mereka berorasi secara bergantian sesampainya di kantor gubernur.

Beberapa isu yang diangkat mahasiswa Semarang adalah penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu, omnibus law UU Cipta Kerja, dan pelemahan KPK.

"Apa hasilnya dari Jokowi selama ini? Janji-janjinya mana? Penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu tidak terdengar, omnibus law menindas rakyat, dan kini justru kita ditunjukkan dengan upaya pelemahan KPK. Mana kerja Jokowi?" ucap koordinator aksi mahasiswa Semarang Fajar Sodiq.

Di saat bersamaan, Jokowi melakukan lawatan ke Kalimantan Selatan. Ia meresmikan pabrik biodiesel, meresmikan jembatan, hingga meninjau vaksinasi Covid-19.

Peresmian pabrik biodiesel dilakukan di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Pabrik itu dikelola oleh PT Jhonlin Group milik Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam.

Jokowi mengapresiasi pengolahan minyak kelapa sawit menjadi biodiesel di pabrik itu. Ia berharap perusahaan-perusahaan lain mengikuti Jhonlin dalam mengelola sawit.

"Hilirasi, industrialisasi, harus dilakukan dan harus kita paksa untuk dilakukan. Oleh sebab itu, saya sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh PT Jhonlin Group membangun pabrik biodiesel," ucap Jokowi, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (21/10).

(dhf/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER