Hujan Deras di Sergai Sumut, 1.238 Rumah Terendam Banjir

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 19:01 WIB
Akibat curah hujan cukup tinggi, Ribuan rumah dan lahan pertanian di Serdang Bedagai (Sergai), Sumut, terendam banjir, Kamis (21/10). Ilustrasi penanganan banjir. (Foto: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Medan, CNN Indonesia --

Ribuan rumah dan lahan pertanian di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, terendam banjir, Kamis (21/10), akibat curah hujan cukup tinggi.

Akibatnya, tanggul sungai di Kecamatan Tebing Tinggi pun jebol.

Berdasarkan laporan sementara yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sergai, terdapat 1.238 rumah yang tersebar di Kecamatan Perbaungan, Kecamatan Sei Rampah dan Kecamatan Tebing Tinggi terendam banjir.


"Tak hanya rumah warga, ratusan hektare lahan pertanian juga terendam banjir. Ketinggian air berkisar antara 30 sampai 80 Sentimeter," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Serdang Bedagai, Juanda Pasaribu.

Menurut Juanda, sampai saat ini belum ada warga yang mengungsi. Namun tim BPBD telah menurunkan perahu evakuasi ke lokasi banjir sebagai antisipasi.

"Warga masih bertahan di rumah. Begitupun tim di lapangan tetap melakukan persiapan karena dikhawatirkan banjir semakin tinggi jika hujan semakin deras. Saat ini tim kita masih melakukan pendataan lebih lanjut," paparnya.

Terpisah, Camat Sei Rampah, Rahmad Suhendra Damanik mengatakan, banjir merendam ratusan rumah di beberapa desa di Kecamatan Sei Rampah yang berada di sekitar sungai Bedagai.

"Sementara ada 590 rumah di Kecamatan Sei Rampah terendam banjir, akibat curah hujan dan meluapnya Sungai Bedagai," paparnya.

Sebelumnya, BMKG memberikan peringatan soal sejumlah provinsi yang rawan terdampak curah hujan tinggi.

(fnr/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER