Pengacara Curiga Kubu Moeldoko Jegal Demokrat Jelang Pemilu

CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 01:53 WIB
Pengacara Partai Demokrat, Bambang Widjojanto curiga kubu Moeldoko ingin menghambat AHY jelang pendaftaran Pemilu 2024. Pengacara Partai Demokrat, Bambang Widjojanto curiga kubu Moeldoko ingin menghambat AHY jelang pendaftaran Pemilu 2024 (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengacara Partai Demokrat, Bambang Widjojanto curiga empat kader yang pro kubu Moeldoko mengajukan gugatan uji materi AD/ART ke Mahkamah Agung dengan misi tertentu. Berkaitan dengan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Bambang curiga kubu Moeldoko ingin menghambat Partai Demokrat agar terkendala dalam proses verifikasi hingga gagal ikut Pemilu 2024.

"Jadi yang saya khawatirkan ini sedang mencari-cari, apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi apa yang disebut dengan verifikasi partai politik. Apakah ini cara untuk mendestabilisasi proses yang sedang berjalan," kata Bambang di PTUN, Jakarta Timur, Kamis (21/10).


Bambang mengatakan pengadilan harus berhati-hati dalam memproses gugatan tersebut. Sebab, kata Bambang, jika semua orang mempersoalkan AD/ART partai berpotensi menimbulkan ketidakpastian dan ketidakadilan.

Gugatan kubu Moeldoko bahkan bisa menimbulkan argumen bahaya di masyarakat bahwa AD/ART dari keputusan Kemenkumham yang kedaluwarsa bisa digugat.

"Kalau itu yang terjadi, kita sedang menciptakan titik bukan hanya ketidakpastian, tapi ketidakadilan," ucapnya.

Bambang mengatakan gugatan tersebut bukan hanya menyebabkan ketidakpastian hukum, melainkan juga sebagai salah satu upaya penataan ulang demokratisasi. Selain itu, menurut Bambang gugatan kubu Moeldoko tidak mempunyai legal standing.

"Jadi kalau ada ahli yang mencoba-coba menawarkan argumen dan itu merusak sistem demokrasi, maka sebenarnya ini akan menyebabkan dia tidak hanya berhadapan dengan Demokrat, dia sedang berhadapan dengan publik dan berhadapan dengan masyarakat dan partai politik lain," ungkapnya.

Diketahui, empat kader Demokrat yang dipecat AHY menggugat AD/ART hasil Kongres 2020 ke Mahkamah Agung. Gugatan uji materi itu sudah diterima MA.

Empat kader didampingi advokat Yusril Ihza Mahendra. Empat kader yang dimaksud sudah dipecat AHY karena hadir dalam Kongres Luar Biasa di Sumatera Utara yang menetapkan Moeldoko sebagai ketua umum.

Belakangan, salah satu kader menarik gugatan uji materi dari Mahkamah Agung.

(yla/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER