Gempa M 3 Guncang Salatiga, Terasa hingga Ambarawa

CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 02:15 WIB
Gempa bumi magnitudo 3 mengguncang Kota Salatiga, Jawa Tengah pada pukul 00.32 WIB, Sabtu (23/10). Guncangan terasa hingga Ambarawa dan sekitarnya. Gempa bumi magnitudo 3 mengguncang Kota Salatiga, Jawa Tengah pada pukul 00.32 WIB, Sabtu (23/10). Guncangan terasa hingga Ambarawa dan sekitarnya. Ilustrasi. (Istockphoto/Petrovich9).
Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3 mengguncang Kota Salatiga, Jawa Tengah, pada pukul 00.32 WIB, Sabtu (23/10). Guncangan terasa hingga Ambarawa dan sekitarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofikasi (BMKG) mencatat pusat gempa berada di darat 13 km barat laut Kota Salatiga. Kedalaman gempa dilaporkan 6 Km dengan koordinat 7,29 LS-110,38 BT.

"Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat," terang BMKG dalam situs resminya.


Berdasarkan skala Modified Mercalli Intensity (MMI), gempa tersebut masuk kategori III. Sebagai catatan, skala MMI adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, dengan rentang paling lemah (I)-paling kuat (XII).

Skala MMI II mencerminkan kondisi di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban jiwa dari peristiwa ini.

Selanjutnya, BMKG mengimbau masyarakat untuk hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

(sfr/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER