Deretan Kasus yang Melibatkan Anggota Polisi Sepekan Terakhir

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 09:35 WIB
Kepolisian RI menjadi sorotan karena beberapa kasus pada beberapa waktu terakhir. Beriikut deratan kasus yang melibatkan anggota polisi. Kepolisian RI menjadi sorotan karena beberapa kasus pada beberapa waktu terakhir. Beriikut deratan kasus yang melibatkan anggota polisi.(Foto: iStockphoto/Herwin Bahar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepolisian Republik Indonesia menjadi sorotan publik lantaran sejumlah peristiwa yang terjadi berkaitan dengan institusi tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Sejumlah aparat kepolisian di berbagai wilayah terlibat dalam kasus kekerasan, dugaan tak profesional dalam menangani kasus, hingga keterlibatan dalam tindak kriminal. Tagar #PercumaLaporPolisi juga menggema di media sosial.

CNNIndonesia.com merangkum sederet peristiwa yang menyeret Korps Bhayangkara tersebut dalam sepekan terakhir.


1. Kasus dugaan asusila terhadap anak, tersangka Kapolsek Parigi Moutong

Kasus dugaan asusila yang menyeret Kapolsek Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) bermula usai sebuah video singkat yang berisi pengakuan korban muncul di media sosial.

Dalam video tersebut, salah seorang anak tersangka yang tengah dipenjara, yakni perempuan berinisial S (20) melaporkan tindakan keji yang dilakukan oleh Kapolsek berinisial IDGN kepada dirinya.

Kasus bermula ketika ayah dari S ditahan di Polsek Parigi lantasan terlibat dalam sebuah kasus pencurian. S yang kerap datang berkunjung untuk menjenguk ayahnya kemudian didekati oleh Iptu IDGN. Setelahnya, S menyebut Iptu IDGN berkali-kali mencoba merayunya agar mau berhubungan badan dan menjanjikan ayahnya yang tengah ditahan di Polsek akan dibebaskan.

S yang awalnya masih bertahan selama hampir dua pekan akhirnya termakan bujuk rayu Iptu IDGN. Dia menyanggupi permintaan Iptu IDGN dan bertemu di salah satu hotel dengan harapan ayahnya dapat segera dibebaskan dari Polsek.

Alih-alih menepati janjinya, Iptu IDGN lantas hanya memberikan sejumlah uang kepada S. Tak lama berselang, Iptu IDGN kembali mengajak S untuk berhubungan badan dengan dalih yang sama. Peristiwa tersebut lantas kembali terjadi untuk yang kedua kalinya.

Hingga saat ini kasus tersebut diketahui masih bergulir di Polda Sulteng. Iptu IDGN dikabarkan akan disidang kode etik oleh Polri pada hari ini, Sabtu (23/10). Sidang tersebut digelar usai pemeriksaan oleh bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) rampung dilakukan selama sepekan terakhir.

"Bidpropam Polda Sulteng telah bekerja ekstra untuk menyelesaikan berkas perkara oknum ID," kata Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Didik Supranoto kepada wartawan, Jumat (22/10).

2. Anggota polisi ditangkap saat pesta narkoba di Mojokerto

Bergeser ke Jawa Timur, salah seorang anggota kepolisian didapati tengah melakukan pesta narkoba dengan sejumlah orang di sebuah vila di Kabupaten Mojokerto, Selasa (19/10).

Anggota polisi berinisal RAN itu dinas di Polsek Jetis, Polres Mojokerto Kota. RAN ditangkap oleh jajaran Polres Mojokerto di sebuah vila Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, bersama seorang laki-laki dan dua orang perempuan.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, RAN bersama tiga orang lainnya yang tertangkap tangan menggunakan telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Semuanya sudah tersangka. Sesuai perintah Kapolri, Kapolda Jatim, apabila ada anggota yang bermain-main dengan narkoba akan ditindak tegas. Apabila perlu dilakukan PTDH (pemberhentian tidak dengan hormat)," tegasnya saat dikonfirmasi, Kamis (21/10).

Simak deretan kasus yang melibatkan anggota polisi pada sepekan terakhir di halaman berikut.

Deretan Kasus yang Melibatkan Anggota Polisi Sepekan Terakhir

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER