Kodam Jaya Ungkap Peran 2 Oknum TNI Bantu Rachel Vennya Kabur

CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 13:48 WIB
Dua anggota TNI itu diketahui berinisial FS dan IG. Mereka berdua membantu Rachel Vennya tidak melakukan karantina sesuai dengan aturan bepergian di Indonesia. Kodam Jaya mengungkapkan ada dua oknum TNI yang membantu Rachel Vennya kabur saat menjalani karantina dari RSDC Pademangan, Jakarta Utara. Foto: ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Jakarta, CNN Indonesia --

Kodam Jaya mengungkapkan ada dua oknum TNI yang membantu Rachel Vennya kabur saat menjalani karantina dari RSDC Pademangan, Jakarta Utara. Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS membeberkan peran kedua oknum TNI tersebut yang membantu Rachel Vennya kabur dari karantina.

"Jadi kalau secara pengakuannya yang bersangkutan membantu RV untuk tidak menginap di karantina," kata Herwin saat ditemui detikcom di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (24/10/2021).

Dua anggota TNI itu diketahui berinisial FS dan IG. Mereka berdua membantu Rachel Vennya tidak melakukan karantina sesuai dengan aturan bepergian di Indonesia.


"Sementara pengakuannya ini tidak ada upaya suap," ujar Herwin.

Rachel Vennya sebelumnya mengaku tidak pernah melakukan karantina usai bepergian dari luar negeri. Namun, fakta baru terungkap nama Rachel Vennya tercatat pernah masuk di Wisma Atlet Pademangan.

"Kalau hasil dari pengecekan di absensinya kan sempat masuk. Kalau di absensinya saya lihat itu sempat masuk tiga hari," kata Herwin.

Herwin tidak bicara lebih banyak terkait kapan tepatnya Rachel Vennya masuk ke Wisma Atlet Pademangan. Namun, dia memastikan nama Rachel Vennya tercatat sebagai salah satu orang yang pernah melakukan karantina di Wisma Atlet Pademangan.

2 Oknum TNI Dikembalikan ke Satuannya

Kedua anggota TNI yang membantu Rachel Vennya telah dinonaktifkan dari Satgas dan dikembalikan ke satuan asal. Status anggota TNI mereka hingga saat ini belum dicabut.

"Jadi memang sudah dikembalikan dari Bapak Panglima Kodam. Untuk satuannya yang satgas bandara itu berasal dari Korps AU satu, kemudian untuk yang di Pademangan itu berasal dari Wing Satu Paskhas," terang Herwin.

Terkait jeratan pidana yang bisa dikenakan kepada dua anggota TNI tersebut, Herwin enggan berspekulasi. Dia menyebut pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan di Polisi Militer.

"Nanti hasilnya oleh Polisi Militer. Sampai sekarang kita belum dapat hasil resumenya," ujar Herwin.

Berita Peran Oknum TNI Bantu Rachel Vennya Kabur selengkapnya di sini.

(detikcom/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER