Kasus Covid-19 Mingguan Turun 23 Persen, Kematian 16 Persen

CNN Indonesia
Kamis, 28 Oct 2021 01:20 WIB
Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan kondisi rumah sakit yang merawat pasien positif Covid-19 juga telah membaik. Kasus positif Covid-19 positif Covid-19 nasional menurun sebesar 23 persen dalam sepekan. Selain itu, kasus kematian Covid-19 turun sekitar 16 persen. Ilustrasi (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan kasus positif Covid-19 nasional menurun sebesar 23 persen dalam sepekan. Selain itu, kasus kematian Covid-19 turun sekitar 16 persen.

"Situasi di tingkat nasional dan provinsi secara umum, tren terjadi penurunan kasus baru mingguan adalah sebesar 23 persen, dan penurunan jumlah kematian sebesar 16 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya," kata Nadia dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/10).

Di sisi lain, kata Nadia, testing rate dan positivity rate nasional juga dapat dipertahankan pada level yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Menurutnya, kondisi rumah sakit juga sudah membaik.


"Situasi rumah sakit juga dapat kita pertahankan, di mana bed occupancy rate baik total maupun bed occupancy rate semuanya masih dalam level kurang dari 20 persen. Artinya situasi rumah sakit dalam suasana yang sangat kondusif," ujarnya.

Direktur Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes ini mengatakan meski terjadi penurunan kasus, pelacakan kontak dilakukan secara maksimal. Ia meminta semua pihak untuk meningkatkan testing, tracing, dan treatment.

"Identifikasi kontak tidak terbatas pada lingkungan keluarga, tapi di lingkungan lain seperti di tempat kerja, sekolah maupun lingkungan lainnya," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Nadia juga mengingatkan ada 105 kabupaten/kota di 30 provinsi yang menunjukkan peningkatan kasus dalam 7 minggu terakhir. Beberapa kabupaten/kota itu adalah Jakarta Timur, Kota Depok, Kota Bekasi hingga Sorong.

"Hal ini tentunya menjadi kewaspadaan kita bersama mengingat kita dalam kondisi strolling, yang merupakan upaya untuk menekan angka penularan kasus covid dan menekan jumlah kasus positif pada level serendah mungkin," katanya.

Kasus positif Covid-19 bertambah 719 pada hari ini, Rabu (27/10). Pasien yang sembuh dari infeksi virus corona bertambah 944 orang, sementara pasien meninggal sebanyak 29 orang.



Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 4.241.809 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 4.085.775 orang dinyatakan sembuh dan 143.299 orang di antaranya meninggal dunia.

(yoa/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER