Prokes Lemah, Bandung Dipantau Pemerintah Pusat

CNN Indonesia
Senin, 08 Nov 2021 17:08 WIB
Menko Marves Luhut Pandjaitan juga menyebut tak sedikit bar dan kelab yang melanggar ketentuan PPKM di Bandung. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan penerapan protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19) di Kota Bandung cenderung lemah. Kesadaran masyarakat pun berkurang.

Luhut mengatakan pemerintah pusat terus memantau mobilitas masyarakat di Kota Bandung. Tempat usaha juga tak luput dari perhatian pemerintah pusat.

"Di sisi lain, penerapan protokol kesehatan di Kota Bandung juga masih lemah. Kesadaran masyarakat juga semakin berkurang," ujar Luhut dalam konferensi pers terkait hasil rapat terbatas evaluasi PPKM, Senin (8/11).


Luhut mengatakan bahwa tak sedikit bar dan kelab di Bandung yang beroperasi di luar ketentuan.

Selain terkait jam operasional, bar dan kelab tersebut juga melanggar kapasitas maksimum hingga mengabaikan penggunaan PeduliLindungi bagi para pengunjung.

Luhut mengatakan tempat-tempat usaha itu melakukan berbagai cara untuk mengelabui para petugas.

"Semisal mematikan lampu depan, memisahkan parkir mobil dan larangan mengambil gambar bagi pengunjung," tutur Luhut.

Dia lalu meminta forum koordinasi kepala daerah (forkopimda) di wilayah berkaitan yaitu Bandung dan wilayah lainnya untuk menindak tegak pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan.

Selain Bandung, Luhut juga menyinggung Bali sebagai daerah yang juga tidak ketat menerapkan protokol kesehatan.

"Kita paham bagaimana kita semua bosan, tapi bagaimana pun kita harus hati hati kita tidak ingin masuk gelombang 3," kata Luhut.

Di kesempatan yang sama, Luhut juga menyampaikan bahwa ada tren peningkatan kasus di 43 kabupaten/kota di Jawa dan Bali. Dia mengatakan pemerintah pusat akan mengirim tim untuk memantau dan menekan tren tersebut.

(dhf/cfd/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER